Cara Mengobati Ruam Susu Pada Wajah Bayi Karena Asi

Cara Mengobati Ruam Susu Pada Wajah Bayi Karena Asi - Dermatitis atopik atau banyak orang yang menyebutnya dengan Ruam Susu, pada umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah pada pipi bayi, karena pipi adalah area kulit bayi yang sering terkena tetesan susu atau ASI, sehinggan ketika pipi bayi mengalami ruam kebanyakan para ibu berpendapat bahwa penyebab gangguan kulit tersebut adalah karenan tetesan susu atau ASI.


Dengan latar belakang tersebutlah yang menyebabkan ruam pada permukaan kulit pipi bayi disebut dengan ruam/eksim susu. Meskipun sebenarnya jika ditinjau secara medis penyebab sesungguhnya ruam susu bukanlah disebabkan oleh ASI.

Pada umumnya ruam susu dialami oleh bayi yang memiliki orang tua dengan riwayat alergi. Saat sang ibu yang memiliki riwayat alergi ini mengkonsumsi makanan yang sifatnya alergen seperti daging ayam, telur, atau kacang-kacangan lalu kemudian sang ibu menyusui anaknya, hal inilah salah satu pencetus munculnya ruam. Selain hal tadi, beberapa pencetus lain diantaranya suhu panas, polusi udara, serta tungau ataupun kuman – kuman kecil yang berada di udara dan benda - benda tertentu seperti bantal ataupun selimut.

Ruam dapat menimbulkan rasa gatal, dan jika tidak sengaja digaruk oleh sikecil dapat mengakibatkan luka bahkan infeksi. Jika tidak ditangani ruam dapat semakin parah bahkan dapat menjalar ke bagian tubuh yang lain diantaranya leher bahkan punggung.
Baca Juga: Mengapa ASI Jauh Lebih Baik dari Susu Formula?
Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi serta Cara Mengobati Ruam Susu Pada Wajah Bayi Karena Asi, diantaranya sebagai berikut:

  • Sang ibu harus menghentikan konsumsi makanan yang sifatnya alergen supaya ASI yang dihasilkan  tidak menjadi pencetus ruam pada bayi 
  • Ketika bayi terkena ruam, hindari memandikannya menggunakan air hangat sebab dapat membuat kulit lebih kering, sehingga semakin gatal.
  • Oleskan pelembab pada kulit pipi atau bagian lain yang beruam, terutama setelah mandi, supaya kulit tidak kering dan gatal.
  • Jaga kebersihan kulit bayi, jangan biarkan bekas tetesan susu mengering tanpa dibersihkan 
  • Pilih pelembab bayi yang tanpa kandungan parfum
  • Gunakan sabun bayi yang mengandung pelembab
  • Jangan bantu bayi menggaruk kulit pipi yang gatal dan usahakan agar anak tidak menggaruk bagian kulit tersebut, karena akan menimbulkan luka yang dapat memperburuk keadaan kulit 
  • Untuk sementara, hindarkan kulit bayi yang mengalami ruam susu dari paparan sinar matahari, agar tidak gatal
  • Bila udara panas dan bayi berkeringat, usahakan sebisa mungkin untuk menjaga kelembaban kulit yang mengalami gangguan, terutama saat udara panas yang dapat menyebabkan bayi berkeringat. Upayakan nyaman dalam lingkungan yang sejuk 
  • Apabila gangguan kulit bertambah parah, bayi rewel, kulit terlihat membengkak dan basah, alangkah baiknya untuk segera membawa sikecil ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang tepat.
Baca Juga: 6 Kandungan dan Manfaat ASI yang Menakjubkan
Demikianlah tadi ulasan kita mengenai Cara Mengobati Ruam Susu Pada Wajah Bayi Karena Asi. Bagi anda para ibu yang sedang menyusui alangkah baiknya untuk menjaga asupan makanan, terutama jika mempunyai riwayat alergi.
Advertisement

Masukan Email Anda agar dapat kiriman artikel kesehatan gratis langsung ke Email Anda:

0 Response to "Cara Mengobati Ruam Susu Pada Wajah Bayi Karena Asi"

Post a Comment