Tips Hentikan Kebiasaan Menggigiti Kuku

Tips Hentikan Kebiasaan Menggigiti Kuku - Suatu kebiasaan muncul dikarenakan sudah sejak lama di lakukan dan tidak ingin menghentikan kebiasaan tersebut. Yang mana kebiasaan tersebut apabila tidak di lakukan maka akan memberikan rasa ketidaknyamanan. Ya, salah satu kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang adalah menggigiti kuku. Awal pertama mengigiti kuku mungkin karena rasa cemas dan khawatir namun tanpa di sadari lama-kelamaan menjadi suatu kebiasaan yang tidak bisa di tinggalkan.

kebiasaan mengigiti kuku

Ya, Kebiasaan Menggigiti Kuku sendiri sebenarnya merupakan suatu aktifitas yang kurang baik selain merusak kuku juga ancaman kesehatan karena pada kuku tersebut mungkin mengandung banyak kotoran, kuman dan bakteri. Ya, untuk menghentikan suatu kebiasaan memang di butuhkan niatan serta usaha ekstra keras untuk mengubah gaya hidup yang telah dijalani.

Baca Juga: Tips Kecantikan Dengan Minyak Zaitun

Nah, bagi Anda yang memiliki kebiasaan ini dan ingin mencoba untuk menghentikan Kebiasaan Menggigiti Kuku ini ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips seperti di bawah ini :

1. Buatlah Tekad Yang Bulat Dan Kuat
Langkah pertama adalah buatlah diri Anda termotivasi untuk bisa menghentikan kebiasaan ini. Contohnya saja dimana Anda ingin kuku Anda menjadi lebih cantik dan bisa dihias dengan kuteks warna-warni yang lucu. Yang mana pada saat ini kuku Anda tidak enak di lihat karena sering kali Anda gigiti. Pada saat ini Anda harus percaya dapat mencapai tujuan tersebut. Selain itu tidak ada salahnya jika Anda juga memberitahukan hal tersebut pada teman Anda. Dengan cara ini akan menambah rasa tanggung jawab terhadap keputusan Anda.

2. Coba Menggunakan Kuteks
Seperti kita tahu bahwa kuteks merupakan bahan kimia yang tentu rasanya sama sekali tidak enak. Maka coba untuk mengaaplikasikan kuteks pada kuku Anda. Maka apabila Anda lupa dengan tekad Anda untuk tidak menggigiti kuku maka Anda akan merasakan pahitnya kuteks. Dengan cara ini maka akan membuat Anda mengingat-ingat untuk tidak melakukannya lagi.

3. Kunyah Permen Karet
Cara lain untuk menghilangkan Kebiasaan Menggigiti Kuku adalah dengan bantuan permen karet. Cobalah untuk selalu membawa permen karet kemana pun. Maka setiap kali jari Anda beranjak untuk meluncur ke mulut dapat di alihkan untuk mengambil permen. Dengan cara ini di anggap cukup efektif untuk menghentikan kebiasaan Anda menggigit kuku. Namun seperti kita tahu bahwa semuanya kembali lagi pada tekad Anda.

4. Memberi Self-Reward
Self-reward sendiri merupakan suatu cara ampuh untuk membuat sesuatu tetap berlanjut karena bisa menambah semangat seseorang. Yang mana Anda membuat penghargaan kepada diri Anda sendiri jika Anda memapu menghadapi suatu tantangan, seperti halnya jika diri Anda mampu untuk menghilangkan Kebiasaan Menggigiti Kuku. Contohnya bisa dengan membeli tas, baju atau sepatu boots yang telah lama Anda incar.

5. Coba Bayangkan Kuman-kuman Masuk ke Mulut Anda
Langkah selanjutnya adalah pada saat Anda akan melakukan kebiasaan ini, maka coba bayangkan dan ingat-ingat kembali apa saja yang telah Anda lakukan dan Anda pegang sebelumnya. Coba bayangkan bagaimana kuman-kuman di dalam kuku Anda masuk ke dalam mulut serta tubuh Anda.

6. Coba Untuk Melakukan Perawatan di Salon
Jika dengan banyak cara Anda merasa usaha Anda ada sedikit kemajuan menghilangkan kebiasaan maka tidak ada salahnya Anda juga pergi ke salon untuk melakukan perawatan profesional pada kuku-kuku Anda, dengan hal ini tentu Anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Apabila setelah perawatan Anda masih menggigit kuku Anda, apakah anda tidak ingat dengan pengeluran uang yang cukup besar tersebut?

Baca Juga: Tips Kecantikan Tubuh dan Manfaatnya

Nah, itulah beberapa tips untuk menghilangkan Kebiasaan Menggigiti Kuku. Semoga bermanfaat dan Anda pun akan terbebas dari kebiasaan kurang baik tersebut. Selamat mencoba.
Advertisement

Masukan Email Anda agar dapat kiriman artikel kesehatan gratis langsung ke Email Anda:

0 Response to "Tips Hentikan Kebiasaan Menggigiti Kuku"

Post a Comment