Waspada Dan Kenali Gejala Kanker Lidah

Waspada Dan Kenali Gejala Kanker Lidah - Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti karena sangat mematikan, namun kadang kala orang kurang menyadari dan memperhatikan hal-hal atau sesuatu yang berhubungan dengan kanker itu sendiri. Jenis penyakit kanker banyak macam dan jenisnya seperti kanker darah, kanker payudara, kanker rahim dan lain sebagainya. Namun salah satu jenis kanker yang kurang di kenal dan diketahui di Indonesia khususnya yakni jenis kanker lidah, selain masih tergolong ke dalam penyakit langka, gejala-gejala awal kanker lidah pun sering kali di abaikan dan tidak disadari.

Untuk faktor utama penyebab kanker lidah sendiri memang belum dapat disimpulkan secara pasti. Namun menurut para ahli medis meyakini bahwa luka dan infeksi pada lidah dapat memicu terjadinya kanker lidah. Selain itu dengan paparan sinar ultraviolet, adanya zat radioaktif serta melemahnya daya tahan tubuh juga di anggap sebagai beberapa penyebab terjadinya kanker lidah. Walaupun dalam beberapa kasus kanker lidah dapat disebabkan oleh faktor psikis dan genetik yang mana dapat turut mempengaruhi tingkat keparahan penyakit yang mematikan ini.

Lalu bagaimana gejala awal dari kanker lidah? Pada umumnya gejala awal dari kanker lidah tidak jauh berbeda dengan sariawan. Namun yang membedakan yakni apabila pada sakit sariawan yang berada di daerah sekitar luka akan terasa lunak, maka berbeda dengan gejala kanker lidah yang mana pada sekitar luka akan mengeras pada saat diraba. Gejala berupa rasa sakit pun akan terasa menjalar dari leher menuju telinga.

gejala kanker lidah

Selain itu pergerakan lidah pun akan terasa kaku dan di sertai dengan rasa sakit saat menelan. Selain hal di atas Anda juga harus Waspada Dan Kenali Kanker Lidah jika munculnya bercak dengan warna merah atau putih pada lidah dalam jangka waktu yang relatif lama, nah di bawah ini adalah beberapa gejala yang harus Anda waspadai:


Baca Juga: Apa Obat Kanker Payudara yang Paling Manjur?

  1. Adanya perdarahan pada bagian lidah tanpa sebab yang jelas
  2. Terasa nyeri saat sedang mengunyah dan menelan makanan
  3. Sering kali sariawan dan adanya peradangan di lidah secara terus menerus
  4. Mulut sering mengalami mati rasa
  5. Radang tenggorokan dalam waktu yang lama
  6. Munculnya rasa nyeri dari telinga menuju leher

Lalu bagaimana jika Anda memiliki gejala seperti di atas, dalam hal ini sebaiknya Anda Waspada Dan Kenali Kanker Lidah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapat diagnosis awal dari gejala yang Anda alami. Maka dengan segera dokter pun akan memberikan perawatan sesuai dengan ukuran dan perluasan area gejala.

Salah satu pengobatan yang digunakan untuk mengobati kanker lidah yakni dengan radioterapi dan kemoterapi, yang mana bertujuan untuk mengurangi perluasan dan peradangan pada kanker lidah. Maka apabila kanker sudah menjalar dan mencapai stadium akut, maka akan dilakukan kombinasi operasi dan radioterapi.

Baca Juga: Cara Membuat Bibir Merah Secara Alami dan Cepat

Penting sekali bagi kita untuk Waspada Dan Kenali Kanker Lidah. Untuk saat ini penderita kanker lidah mengalami peningkatan 10 %. Hal ini selain dikarenakan pola hidup yang kurang sehat juga adanya perubahan gaya hidup yang metropolis seperti mengonsumsi alkohol dan juga seks bebas. Selain itu faktor yang dapat memicu kanker lidah salah satunya yakni kebiasaan merokok.

Labels: ,