Tips Toilet Training Pada Anak Autisme

Tips Toilet Training Pada Anak Autisme - Toilet training pada anak autisme ini adalah keterampilan yang sama sekali baru. Mendidik atau pun mengajarkan keterampilan baru bagi anak dengan gangguan spectrum autisme ini nantinya dapat berjalan dengan baik jika langkah tugas tersebut diorganisir jadi potongan sederhana. Pengajaran juga haruslah lebih konsisten di sepanjang waktu dan juga dapat diprediksi bagi anak dalam ketentuan reward serta konsekuensi. Agar toilet training pada anak autisme ini berasil, maka anak haruslah bergerak dari ketergantungan pada pengingatan sampai menyadari sendiri tanda-tanda ingin buang air kecil atau besar.

Orangtua berharap bahwasannya anak-anaknya nanti pada akhirnya bisa terlatih buang air besar dan kecil. Anak belajar untuk menggunakan toilet jadi bagian dari proses pertumbuhan. Tiap anak tak sama, beberapa anak ada yang sulit sekali dilatih dan mungkin saja akan lebih sulit dengan orangtua. Belajar menggunakan toilet ini adalah bagian dari sosialisasi. Anak-anak jadi tertarik dalam kegiatan satu ini pada saat mereka sudah menyadari bahwasannya anak-anak yang lainnya menggunakan toilet. Mereka berpanggapan bahwasannya menggunakan toilet ini adalah bagian yang dipertimbangkan sebagai big boy atau girl.

Banyak anak dengan autisme merasa nyaman dengan hadiah yang mereka terima pada saat menggunakan toilet sama halnya seperti reward yang berupa kelegaan dengan melakukan hal tersebut. akan tetapi anak belia dengan autisme mempunyai kesulitan untuk menerapkan alasan interaksi social yang sama untuk buang air kecil dan besar. Mereka juga dimintai untuk ubah serangkaian rutinitas dan juga ritual serta mereka masih belum sadari maupun mampu control tubuhnya sendiri.

toilet training pada anak autis

Kapan dimulai toilet training pada anak autisme?

Baca Juga : Deteksi Dini Autisme Pada Anak


Tips toilet training pada anak autisme

Baca Juga:
Cara Penyembuhan Autisme Pada Anak Menurut Dokter Ahli
Penyebab Penyakit Autis Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Demikian informasi tentang tips toilet training pada anak autisme yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Labels: ,