Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Cepat Dan Alami

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Cepat Dan Alami - Apakah anda Pernah mengalami sakit gigi? Jika pernah anda pasti tau bagai mana tersiksanya ketika sakit gigi,susah tidur,susah makan,bahkan mendengar sedikit kebisingan saja gigi terasa semakin sakit.

Gigi merupakan bagian terpenting dan berperan mengunyah makanan. Gigi jika tidak kita rawat akan mengalami keropos dan menyebabkan sakit gigi. Bagi orang dewasa mungkin hal tersebut bisa sedikit ditahan,tapi untuk anak-anak,mereka tidak mungkin bisa menahan derita sakit yang amat sangat pada gigi mereka sehingga sering nangis. Selain itu,sakit gigi dan gusi pada anak dapat menyebabkan pertumbuhannya terganggu karena akan berpengaruh pada nafsu makan yang berkurang.

Masalah sakit gigi sering dialami oleh banyak orang. Tidak hanya orang dewasa saja, bahkan anak kecilpun juga sering mengalami penyakit yang satu ini. Ada banyak hal penyebabkan sakit gigi ini. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi sakit gigi adalah cara menjaga kebersihan gigi kita. Menggosok gigi dengan teratur sangatlah disarankan bagi anak – anak hingga orang dewasa. Dengan membiasakan gosok gigi secara teratur baik sesudah makan maupun sebelum tidur sanggatlah efektif dalam mendukung mencegah sakit gigi kita. Jadi sangat penting bagi kita untuk menjaga kebersihan gigi karena jika gigi kita belum bersih, kita tidak hanya bermasalah dengan gigi saja tapi juga akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Selain kebersihan, makanan yang kita konsumsi pun turut mempengaruhi kesehatan gigi. Banyak makanan yang bisa mempengaruhi kesehatan gigi kita, terutama makanan yang mengandung banyak gula. Makanan – makanan manis ini bisa mengakibatkan gigi berlubang apabila kita tidak bisa melakukan perawatan gigi dengan baik. Selain itu, kurangi juga makanan yang mengandung kafein tinggi seperti minum kopi setiap hari. Mungkin anda tidak perlu untuk berhenti minum kopi, tetapi paling tidak anda mengurangi jumlah kopi yang anda konsumsi sehingga di gigi anda tidak akan timbul plak gigi yang membuat penampilan anda menjadi kurang percaya diri.

cara menyembuhkan sakit gigi

Baca Juga: Cara Mudah Menghilangkan Plak Pada Gigi

Banyak faktor yang menyebabkan sakit gigi dan gusi bengkak.

  1. Karena terlalu banyak makan pemanis buatan seperti permen dan gula kapas.
  2. Lapisan email gigi yang rusak dan menyebabkan gigi berlubang serta pembengkakan gusi.
  3. Kurangnya asupan kalsium dan vitamin yang menunjang pertumbuhan gigi dan menyebabkan gigi mudah keropos.
  4. Gosok gigi yang kurang sempurna sehingga sisa makanan yang tertinggal menjadi bakteri dan bersarang digigi.
Faktor lain yang bisa menyebabkan sakit gigi adalah dengan merokok. Dengan merokot setiap hari, ini bisa mengakibatkan gigi kekuning – kuningan. Oleh sebab itu, segeralah tinggalkan kebiasaan buruk anda dan mulai dengan kebiasaan baru yang lebih menguntungkan bagi kesehatan anda. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin setiap harinya sehingga gigi anda semakin kuat. Selain itu, gosoklah gigi anda secara teratur dan tepat menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Faktor diatas dapat dicega sejak dini sebelum anda mengalami sakit gigi, namun jika terlajur sakit ada beberapa Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Cepat Dan Alami dengan obat sakit gigi yang alami.

Baca Juga: Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Dan Cepat

Berikut Obat Sakit Gigi Alami Yang Cepat Sembuh

1. Air garam

air garam untuk sakit gigi

Air garam memang sudah terkenal sejak dulu dapat meredakan sakit gigi, caranya cukup mudah.

Anda hanya perlu melarutkan 1 atau 2 sendok teh garam dengan air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur, diamkan beberapa saat pada daerah gigi yang sakit dan buang kembali air kumurnya.
Dengan rutin melakukan cara diatas sakit gigi akan lebih cepat sembuh.

2. Daun cabai merah

daun cabe merah untuk obat sakit gigi

Daun cabai merah juga dapat membantu mengobati rasa sakit pada gigi, caranya ambil 1 pucuk daun cabai merah yang masih muda dan teteskan getah yang terdapat pada batang daun tersebut pada bagian gigi yang sakit atau berlubang.

3. Biji alpukat

biji alpukat untuk obat sakit gigi

Entah dari siapa datangnya ide ini, tapi yang pasti biji buah alpukat sudah sejak lama dan turun temurun digunakan sebagai obat sakit gigi.

Ambil 1 biji alpukat kemudian sangrai hingga benat benar kering, setelah benar-benar kering tumbuk hingga halus dan oleskan pada gigi anda yang sakit, dijamin 2-3 hari kemudian sakitnya akan benar-benar hilang.

4. Bawang putih

bawang putih untuk obat sakit gigi

Lagi-lagi bawang putih, saya yakin anda sudah tidak asing lagi dengan manfaat bawang putih. Dan manfaat lain dari bawang putih adalah sebagai obat sakit gigi dan gusi yang bengkak. Cara menyembuhkan sakit gigi dengan menggunakan bawang putih sejak jaman dahulu dan turun temurun dipercaya oleh nenek moyang kita, karena bawang putih mempunyai zat antibakterial yang mampu mengusir kuman penyebab sakit gigi.

Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu menambil 1 sihung bawang putih dan kupas, iris sedikit sampai keluar getah dan baunya, setelah itu oleskan pada gigi yang sakit serta berlubang dan pada gusi yang bengkak.

Cara lain : ambil satu siung bawang putih kemudian anda cincang setelah itu campur dengan sedikit garam. Nah kemudian anda kunyah bawang putih tersebut pada bagian gigi yang terasa sakit. Kunyah terus sampai gigi anda agak mendingan. Lalu terakhir berkumurlah dengan menggunakan air hangat.
Meskipun baunya tidak enak,tapi itu baik untuk mengobati sakit gigi yang anda derita. Akan tetapi meskipun banyak obat dan ramuan tradisional alami,anda tetap harus mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter gigi.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Sehat Mencegah Gigi Menguning

5. Jeruk nipis

jeruk nipis untuk obat sakit gigi

Jeruk nipis mengandung vitamin c yang mempu meredakan bahkan menghilangkan sakit gigi anda. caranya mudah pertama anda peras jeruk nipis kemudian anda teteskan ke area sakit gigi anda, lakukan hal tersebut sampai sakit gigi anda agak mendingan atau reda.

6. Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Garam
Nah jika anda tidak suka menggunakan bawang putih untuk menyembuhkan sakit gigi anda. anda dapat menggunakan garam saja. Dengan cara larutkan garam satu sendok makan kedalam satu gelas air 50 ml. Kemudian gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur kumur, walaupun terasa asin namun percayalah sakit gigimu akan segera reda atau sembuh.

Dengan memberikan perawatan yang tepat ini, kemungkinan sakit gigi bisa dihindari sehingga gigi sehat dan anda bisa makan makanan apa saja yang anda sukai. Untuk mengetahui penyebab dan cara mengobati sakit gigi, anda juga bisa mengunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk memastikan keadaan kesehatan gigi anda dalam keadaan sehat.

Baca Juga: Mengapa Warna Gigi Tak Lagi Putih?

Nah mungkin hanya itulah beberapa Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Cepat Dan Alami, pepatah “bilang lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi” perkataan tersebut memang tepat sekali karena jika kita sakit gigi kita tidak bisa apa apa. Maka dari itu lebih baik anda mencegah dari pada mengobati. Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta menambah wawasan kita untuk mengatasi sakit gigi dengan menggunakan bahan alami. Salam sehat selalu!

Labels: