Tanda – Tanda Obesitas Pada Anak yang Paling Sering Muncul

Tanda – Tanda Obesitas Pada Anak yang Paling Sering Muncul - Anak Anda mengalami masalah obesitas? Selain dapat diketahui dari bentuk tubuh anak obesitas juga dapat diketahui dengan mencari tahu berat badan anak Anda apakah berada diatas indeks massa tubuhnya. Jika memang berat badan anak Anda ternyata berada diatas indeks massa tubuhnya maka memang benar bahwa anak Anda mengalami masalah obesitas.

Dan obesitas yang terjadi pada anak sendiri juga akan dapat terjadi dan ditandai dengan beberapa tanda pada anak Anda. Lalu apa saja tanda – tanda obesitas pada anak yang paling sering muncul? Kita akan bahas informasi lengkapnya di bawah ini tentang tanda – tanda obesitas pada anak yang paling sering muncul. Cek informasi lengkapnya di bawah ini! Dan jika ada tanda – tanda obesitas pada anak seperti yang kami sampaikan upayakan Anda langsung segera tanggulangi bunda agar tidak berdampak kurang baik pada anak Anda.

tanda-tanda obesitas pada anak

Tanda – Tanda Obesitas Pada Anak

1. Anak lebih tinggi dibandingkan anak seusianya
Anda dapat mencoba mengamati anak – anak Anda dan anak – anak seusianya. Bandingkan jika memang Anda mendapati anak Anda jauh lebih tinggi dan berperawakan yang lebih besar dibandingkan anak – anak seusianya maka ini akan menjadi salah satu tanda bahwa anak Anda mengalami obesitas. 

2. Anak lelaki yang punya payudara besar
Jika anak Anda adalah seorang laki – laki. Anda bisa amati bagian dadanya. Jika bagian dada anak Anda memang punya dada yang besar bahkan dadanya serupa dengan payudara anak perempuan seusianya, maka kemungkinan anak Anda mengalami obesitas karena salah satu tanda obesitas pada anak adalah memiliki payudara yang besar.

3. Tungkai anak yang bengkok
Kebanyakan anak yang mengalami kondisi obesitas, dia memiliki tungkai yang bengkok. Para pakar juga turut menjelaskan bahwa hal ini sebenarnya terjadi akibat tulang yang masih tumbuh pada anak obesitas tersebut belum maksimal akan tetapi sudah harus menahan beban yang berat. Atau bisa dibilang hal ini terjadi karena berat dan tinggi yang tidak seimbang.

4. Kelamin anak laki – laki malah lebih kecil
Anda juga dapat mencoba cek bagian kelamin anak Anda. Anak laki – laki yang mengalami kondisi obesitas sebenarnya cenderung memiliki alat kelamin yang jauh lebih kecil. Hal ini terjadi karena jaringan lemak pada area vitalnya banyak sehingga mereka memiliki alat kelamin yang terkesan cenderung tenggelam.

Laila, seorang pakar juga turut menambahkan bahwa untuk mengetahui apakah anak sedang mengalami obesitas atau tidak adalah dengan rumus indeks massa tubuh. Dan cara menghitungnya juga sedikit berbeda dibandingkan cara menghitung berat badan ideal pada orang dewasa.

Kita bisa coba cek tinggi dan berat badan anak berdasarkan kurva pertumbuhan anak. Sementara secara BMI (Body Mass Indeks) caranya yaitu berat badan anak (dalam kilogram) dapat Anda bagi dengan tinggi anak (dalam centimeter). Pada percentil BMI 86 nantinya anak dianggap memiliki resiko obesitas dan pada percentil BMI 95 anak dianggap sudah mengalami obesitas.

5. Ketahui dari pola makan anak
Anda juga dapat mencoba mencari tahu dari pola makan anak. Anak yang mengalami obesitas cenderung suka makan dan makannya tidak terkontrol. Kalau sudah seperti ini kewajiban Anda adalah mengarahkan. Anak yang tidak suka sayur juga beresiko mengalami obesitas.

Baca Juga:

Sekarang sudah tahu bukan apa saja tanda – tanda obesitas pada anak? Karena itu bunda upayakan agar Anda senantiasa mengontrol asupan makanan anak. Semoga informasi diatas tentang Tanda – Tanda Obesitas Pada Anak bermanfaat.

Tanda – Tanda Obesitas Pada Anak yang Paling Sering Muncul Rating: 4.5 Posted By: Arwana Pratama

0 komentar:

Post a Comment

 
Advertisement