Tanda Tanda Autisme Pada Anak

Tanda Tanda Autisme Pada Anak - Sepertinya kasus autisme pada anak belakangan ini banyak sekali ditemukan pada anak-anak di usia balita. Yang mana penyakit satu ini sebetulnya dapat dideteksi pada saat anak usia 2 tahun, akan tetapi terkadang orangtua tak sadar jika hal tersebut adalah gejala atau pun tanda tanda autisme pada anak.

Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwasannya ciri utama anak dengan autisme ini adalah kesulitan berkomunikasi dengan orang lain dan juga tak mau menggunakan bahasa tubuhnya untuk melakukan komunikasinya dengan baik. Sih anak dengan autisme ini juga tak mau menatap lawan berbicaranya dan juga tak mau disentuh,  jadi jangan heran jika anak dengan autisme ini lebih sensitive dengan sentuhan.

Autisme adalah suatu penyakit yang sangat mengganggu perkembangan anak, terutama keterampilan dasar dan juga kemampuan untuk bersosialisasi dan juga berkomunikasi secara efektif. Anak-anak yang terkena autisme ini juga akan memiliki gangguan kecerdasan dan juga perilaku yang pastinya tak sama dengan anak normal pada umumnya.

Tanda Tanda Autisme Pada Anak

Tanda  tanda autisme pada anak

Tanda autisme pada anak ini umumnya akan mulai muncul sebelum anak berusia sekitar 3 tahun dan juga selama akhir hidunya. Akan tetapi untuk setiap anak yang mempunyai gejala yang berbeda-beda, mulai dari gejala yang ringan sampai dengan kelumpuhan. Adapun gejala yang paling umum yang bisa Anda lihat pada anak autisme tersebut seperti berikut ini.

Penyebab autsime pada anak

Penyebab autisme pada anak ini tak diketahui secara pasti, akan tetapi penelitian telah temukan beberapa faktor, salah satunya adalah faktor genetika atau keturunan. Ada kemungkinan kerentanan pada seorang anak yang terkena autisme ini berasal dari gen orangtuanya. Selain hal tersebut, faktor lingkungan juga diperkirakan memiliki peranan penting sebagai penyebab autisme. 

Salah satu kontroversi yang terbesar adalah tentang hubungan antara autisme dengan vaksin tertentu pada anak, khususnya gondok dan campak. Dari penelitian yang telah dilakukan secara luas ini, tak ada hasil yang bisa dipercaya antara autisme denagn vaksin MMR. Oleh sebab itulah, tak perlu hindari vaksin pada anak, sebab nanti bisa membahayakan dan juga terjangkit penyakit yang lebih serius lagi, seperti batuk rejan atau pertusis, gondok, dan campak.

Baca Selengkapnya: Penyebab Penyakit Autis Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Pengobatan autisme pada anak

Sekarang ini tak ada obat yang disetujui untuk obati autisme pada anak. Obat hanya bisa dipergunakan untuk obati gejala autisme tertentu. Akan tetapi autisme pada anak bisa diobati dengan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Pidato dan terapi fisik juga bisa dirancang untuk tingkatkan kemampuan fungsional anak.

Demikianlah informasi tentang tanda tanda autisme pada anak yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Labels: ,