Penyebab Obesitas Pada Anak Usia 5 Tahun

Penyebab Obesitas Pada Anak Usia 5 Tahun - Anak usia 5 tahun memang menjadi masa indah – indahnya untuk anak dan menjadi masa bermain untuk anak – anak yang sangat signifikan. Disini anak akan lincah – lincahnya. Akan tetapi hal yang berbeda justru terjadi pada anak obesitas. Karena kecenderungan berat badan yang berlebih dan rasa tidak nyaman membawa beban berat tubuhnya, anak yang mengalami obesitas akhirnya tumbuh dengan kurang rasa percaya diri dan tumbuh dengan kurang lincah seperti kawan – kawannya.

Ini tentu akan menjadi suatu perkembangan yang kurang baik pada anak usia 5 tahun yang mengalami obesitas. Tentu hal yang semacam ini perlu diatasi oleh bunda. Agar bunda bisa segera mengatasi obesitas pada anak usia 5 tahun, memang wajib bagi bunda untuk mencari tahu penyebabnya. Apa saja yang menjadi penyebab obesitas pada anak usia 5 tahun? Berikut kami akan berikan daftar informasinya untuk Anda tentang penyebab obesitas pada anak usia 5 tahun. Cek informasi lengkapnya di bawah ini bunda!

obesitas pada anak 5 tahun

Penyebab Obesitas Pada Anak Usia 5 Tahun

1. Anak kurang melakukan aktivitas fisik dan olahraga
Anak – anak yang kurang melakukan gerak dan kurang melakukan aktivitas fisik memang punya peluang yang sangat besar untuk mengalami obesitas. Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga tidak akan tercerna dengan baik sehingga hal ini akan dapat mengakibatkan penumpukan lemak disana – sini.

2. Porsi tidur dan istirahat yang tidak maksimal
Tidur memang akan menjadi salah satu faktor penyebab obesitas pada anak usia 5 tahun. Anak harusnya punya durasi tidur sekitar 8 sampai dengan 9 jam. Anda bisa ajarkan kepada anak untuk tidur siang dan tidur malam dengan durasi yang tepat. Misalkan ajak anak tidur siang 2 jam dan tidur malam 6 sampai dengan 7 jam karena hal ini akan sangat baik pada kualitas pertumbuhannya. Dan cara ini dapat membuat anak tidak mudah lapar.

3. Kurangnya pengawasan makanan dari orang tua
Anak – anak memang masih belum pandai dalam memilih makanan sehingga kita sebagai orang tua memang perlu mengawasi konsumsi makanan pada anak. Dan untuk menghindari berbagai jenis makanan yang menggemukkan ada baiknya Anda berikan makanan berupa sayur, buah dan susu rendah lemak untuk anak Anda. Hindarkan makanan junk food, makanan cepat saji dan berpengawet karena makanan tersebut punya kandungan gizi yang buruk dan dapat secara ampuh menyebabkan obesitas pada anak.

4. Orang tua yang suka makan menyebabkan anak mengalami obesitas
Orang tua yang mengalami obesitas kecenderungan punya hobi makan. Dan tentu hobi ini kurang baik karena akan dapat membuat anak jadi mengikuti hobi orang tuanya. Ada baiknya Anda jangan tunjukkan hobi makan Anda karena dapat membuat anak memiliki resiko obesitas sama seperti Anda. Tunjukkan pola hidup yang sehat supaya anak juga melakukannya dan hindari hobi makan Anda ini.

5. Suka mengonsumsi makanan yang terlalu banyak gula
Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak gula memang tidak baik karena dapat memicu lonjakan kadar gula darah. Hal ini juga dapat secara ampuh menyebabkan kondisi obesitas pada diri Anda. Kalau anak suka makanan manis, coba alihkan dengan mengonsumsi minuman dengan madu atau gula aren yang tidak terlalu manis. 

6. Suka makan junk food
Mengonsumsi makanan junk food juga sangat penting menyumbang obesitas pada anak. Ada baiknya Anda juga berusaha menjauhkan anak dari makanan yang tidak sehat dengan gizi buruk ini.

Baca Juga:

Demikian bunda sedikit informasi lengkapnya untuk Anda tentang Penyebab Obesitas Pada Anak Usia 5 Tahun. Semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Penyebab Obesitas Pada Anak Usia 5 Tahun Rating: 4.5 Posted By: Arwana Pratama

0 komentar:

Post a Comment

 
Advertisement