Penyebab Obesitas Pada Anak Remaja

Penyebab Obesitas Pada Anak Remaja - Siapa saja pastinya tidak suka kalau anak mengalami obesitas karena obesitas yang terjadi pada anak tentu akan memberikan berbagai macam dampak buruk pada kesehatan anak Anda dan juga pada penampilannya. Apalagi kalau masalah obesitas yang terjadi tidak berujung dan malah terjadi juga di usia remaja anak. Pastinya rasa minder juga akan muncul dan akhirnya anak akan kurang punya rasa percaya diri karena masalah obesitas yang dialaminya.

Mungkin ada diantara Anda yang punya anak remaja mengalami obesitas? Anda harus segera dapat mengatasinya bunda. Dengan Anda mengatasi obesitas pada anak remaja maka akan memberikan kontribusi yang positif pada pertumbuhan dan perkembangan anak remaja Anda ke depannya. Akan tetapi sebelum itu mari kita cari tahu dulu apa saja faktor penyebab obesitas pada anak remaja.

Penyebab Obesitas Pada Anak Remaja

Penyebab Obesitas Pada Anak Remaja

Kurangnya aktivitas fisik dan olahraga
Anak – anak yang kurang melakukan aktivitas fisik dan cenderung pasif memang akan mengakibatkan kecenderungan atas berat badan yang berlebihan. Karena itu upayakan Anda ajak anak sejak dini melakukan kegiatan yang dapat membuatnya aktif. Olahraga dan aktivitas penting lain bisa Anda ajarkan pada anak supaya tidak menjadi remaja yang mengalami obesitas. 
Porsi tidur yang tidak tepat

Remaja yang kurang tidur rata – rata akan mudah lapar karena di waktu dia belum tidur ada kecenderungan untuk mencerna makanan. Karena itu remaja yang kurang tidur lebih mudah mengalami obesitas. Dan hal ini akan dapat menyebabkan pertumbuhan anak Anda menjadi tidak normal dan tubuhnya juga tidak sehat. Selain itu tidur yang porsinya kurang akan memberikan banyak resiko kesehatan pada anak Anda.

Pola asuh dari orang tua yang memiliki berat badan berlebih
Orang tua yang memiliki berat badan berlebih akan dapat memberikan contoh pola hidup yang khas kepada anak – anaknya. Dan anak tersebut juga akan cenderung meniru dan menuruti setiap detail dari pola hidup tersebut. Karena itu jika Anda adalah orang tua yang memiliki berat badan berlebih, maka jangan tunjukkan pola hidup Anda yang kurang sehat tersebut pada anak karena kecenderungan anak akan mengikutinya.

Sekarang kita sudah tahu bukan apa saja yang menjadi penyebabnya? Kalau begitu mari kita cari tahu juga seperti apa sih cara tepat mengatasi obesitas pada anak remaja. Cek informasinya juga di bawah ini bunda.

Memperhatikan makanan yang akan diberikan
Upayakan Anda awasi pola makan anak dan apa yang dikonsumsi anak. Ada baiknya Anda menghindarkan anak dari konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis secara berlebihan, menghindarkan anak mengonsumsi makanan dan minuman mengandung soda dan sodium berlebih karena dapat mengakibatkan obesitas yang tak terbendung pada diri anak Anda.

Terapkan aturan makan pada anak Anda
Dalam hal ini anak – anak memang lebih banyak makan kalau sudah makan diimbangi nonton televisi. Ada baiknya Anda ajarkan sejak dini agar anak makan di meja makan karena itu akan membuat nafsu makan anak jadi lebih terkontrol.

Perbaiki teknik Anda dalam mengolah makanan
Upayakan untuk Anda senantiasa menghindari makanan yang cara pengolahannya digoreng karena hal tersebut sangat baik untuk pertumbuhan anak. Ada baiknya agar makanan yang akan Anda berikan kepada anak Anda tersebut semuanya bersifat di kukus atau direbus.

Baca Juga:

Demikian sedikit informasi lengkapnya untuk Anda tentang Penyebab Obesitas Pada Anak Remaja. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.
Advertisement

Masukan Email Anda agar dapat kiriman artikel kesehatan gratis langsung ke Email Anda:

0 Response to "Penyebab Obesitas Pada Anak Remaja"

Post a Comment