Obat Sakit Maag Tradisional Paling Ampuh

Obat Sakit Maag Tradisional Paling Ampuh - Sakit maag dapat terjadi karena kondisi lambung yang dindingnya meradang, lemah atau luka. Banyak kelenjar di dalam lambung tidak berfungsi dengan baik sehingga kondisi lambung tidak seimbang. Aktifitas pencernaan tidak bekerja dengan baik dan tidak teratur. Hal ini terjadi pada dinding lambung sehingga lambung peka terhadap asam lambung.

Penyakit maag akut merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, Untuk melakukan penyembuhanya harus mengetahui apa yang menjadi Ciri Ciri Penyakit Maag Akut tersebut.

Maka sangat penting untuk melakukan tindakan apabila anda di diagnosa memiliki penyakit maag. Penyakit maag ini terbagi menjadi 2 jenis diantaranya adalah : Penyakit maag akut ( Gastritis Akut ) dan Penyakit maag kronis ( Gastritis Kronis ).

sakit maag

Gejala-gejala Penyakit Maag

Penyakit maag biasanya menyerang usus besar dan lambung. Orang yang mengidap penyakit maag ini akan menunjukkan beberapa gejala seperti berikut ini :

1. Nyeri pada bagian lambung
Nyeri yang terjadi di lambung ini disebabkan karena lambung dan usus mengalami iritasi atau terdapat luka di bagian lambung usus. Selain lambung dan usus yang teriritasi, kerongkongan juga bisa mengalami iritasi. Luka tersebut akan terasa nyeri karena adanya cairan di dalam tubuh, nyeri tersebut akan semakin terasa jika penderita maag akut mengonsumsi makanan yang pedas atau asam. Luka tersebut akan sangat perih ketika terkena cairan yang pedas atau asam.

2. Mual, muntah hingga pingsan
Seseorang yang menderita maag akut akan sering mengalami mual, muntah hingga pingsan. Gejala maag akut ini terjadi karena iritasi di dalam lambung terkontaminasi oleh bakteri. Rasa panas, nyeri, sakit di dalam lambung membuat lambung terasa penuh dan tubuh mencoba untuk mengeluarkannya melalui kerongkongan dengan muntah.

3. Sering bersendawa
Orang yang menderita maag akut juga akan sering bersendawa, ini karena tubuh berusaha mengeluarkan gas panas yang berada di dalam lambung. Jika orang tersebut tidak kuat menahan rasa nyeri dan panas di dalam lambung, akan mengalami pingsan. Bakteri yang biasanya menginfeksi adalah helycobacter pylori.

4. Nafsu makan berkurang
Infeksi pada lambung akan menimbulkan gejala maag akut yakni berkurangnya nafsu makan. Iritasi yang terdapat di lambung sering kali membuat penderita merasa kehilangan nafsu makan, ini dikarenakan lambung terasa penuh. Selain itu bakteri yang menginfeksi luka di lambung juga akan menyerang kerongkongan, sehingga akan membuat penderita maag mengalami kesulitan untuk menelan makanan.

5. Buang air besar disertai darah
Maag yang sudah sangat parah akan membuat penderitanya mengalami buang air besar dengan disertai darah. Luka yang berada di dalam lambung akan semakin besar dan akhirnya mengeluarkan darah, darah tersebut akan bersama dengan feses. Hal ini dapat terjadi jika maag tidak segera di obati. Jika telah mendapati gejala maag akut ini, maka akan sulit untuk diobati.


Obat Sakit Maag Tradisional Herbal Alami Paling Ampuh

Pengobatan lambung dilakukan untuk mengurangi peradangan dan infeksi dengan tanaman obat berkhasiat anti inflamasi dan antibiotik. Selain itu juga memperkuat dinding mukosa lambung dan mengurangi kepekaan dinding lambung dengan tanaman obat yang mengandung musilago ( lendir ) dan bersifat mendinginkan, memperbaiki fungsi dan keseimbangan kelenjar perut sehingga pencernaaan berfungsi optimal. Juga tanaman obat berkhasiat konstruktif dengan memperlancar peredaran darah di abdomen ( perut ) dan membersihkan racun.

Tanaman  obat berkhasiat juga  menciptakan lingkungan lambung yang mendukung perbaikan fungsi lambung dengan pengaturan pola makan yang menyangkut waktu makan, porsi makanan dan makan  yang sesuai  dengan kondisi lambung.

Ada beberapa Obat Sakit Maag Tradisional Paling Ampuh berkhasiat yang sudah dikenal untuk pengobatan maag, diantaranya: temulawak, kunyit dan kunir putih.

1. Temulawak

obat sakit maag temulawak

Nama latin Curcuma xanthorriza Roxb., termasuk keluarga Zingiberaceae, tanaman ini sudah sangat dikenal di seluruh dunia. Temulawak berkhasiat  untuk memperbaiki fungsi lever dan membersihkan  racun di dalam lever. Fungsi hati yang baik  mempengaruhi produksi empedu yang baik pula sehingga proses pencernaan lemak di usus 12 jari dan usus halus menjadi baik yang berpengaruh langsung pada kelancaran makanan yang mengalir dari lambung serta berkurangnya gas di dalam perut.

Sudah banyak uji klinik antiinflamasi yang membuktikan kemampuan temulawak mengempiskan pembengkakan termasuk pembengkakan osteoarthritis dan edema pasca operasi. Temulawak dapat segera mengatasi peradangan lambung.Temulawak sudah diuji terbukti berkhasiat sebagai antibakteri  sehingga mampu menyembuhkan luka-luka di lambung akibat infeksi. Uji klinik  juga membujktikan bahwa temulawak mampu meningkatkan nafsu makan. Temulawak mampu meningkatkan kerja usus halus  sehingga lambung relatif lebih cepat dikosongkan. Pengosongan lambung yang relatif cepat berarti mengurangi beban lambung  karena makanan atau karena cairan-cairan lambung.

Resep:
- Rimpang temulawak  25 gram, dipotong tipis, kemudian rebus dengan 5 gelas air menjadi 3 gelas, saring, minum 3 x 1 gelas, satu jam sebelum makan dan dilakukan sampai sembuh. Jika sakit maag sudah kronis bisa digunakan 50 gram
rimpang temulawak segar.

2. Kunyit

obat sakit maag kunyit

Tanaman kunyit masih kerabat dekat dengan temulawak dan termasuk famili Zingiberaceae dari  genus Curcuma. Kunyit dan temulawak mirip pada daun, umbi dan kandungan kimia. Rimpang kunyit dapat dengan mudah dijumpai karena  sering digunakan untuk memasak. Kunyit dikenal sebagai tanaman obat berkhasiat antiinflamasi yaitu menyembuhkan  radang. Hal itu sudah dibuktikan dari hasil uji klinik. Rimpang kunyit efektif meredakan radang pada lambung. Jika dibandingkan dengan temulawak maka pada rimpang kunyit sifat antibakteri, meningkatkan produksi empedu ( kolagoga ) dan sifat sebagai  stimulan lever kurang nyata.

Resep:
- Rimpang kunyit 50 gram  segar, dibersihkan lalu diparut. Tambahkan 3 sendok air, aduk merata, diperas, bagi untuk 3 kali minum

3. Kunir Putih

obat sakit maag kunir putih

Masih termasuk didalam keluarga temulawak dan juga kunyit yaitu famili Zingiberaceae dan genus Curcumae. Tanaman ini sering dikelirukan dengan  kunyit putih ( Kaemferia rotunda L ) meskipun satu famili tetapi berbeda genus. Cara kerja sebagai obat maag sampai saat ini belum diketahui dengan pasti  tetapi bisa dimengerti dari sifatnya sebagai penambah nafsu makan dan antiinflamasi.

Resep:
- Rimpang kunir putih segar  25 gram diiris tipis-tipis, direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas, minum  3 kali 2/3 gelas satu jam sebelum makan.


Obat Sakit Maag Paling Ampuh Di Apotik

Penyakit maag atau gastritis memang tidak dapat dianggap sepele, serta dibutuhkan solusi yang tepat untuk mengatasi gangguan lambung yang satu ini. Solusi sakit maag ada dua cara, farmakologi (obat-obatan) dan non-farmakologi (pola hidup dan pola makan). Keduanya harus dilakukan secara bersamaan. Selain obat-obatan yang sifatnya alternatif berbahan herbal alami, kita juga dapat menggunakan obat-obatan farmasi. 

Lantas, Apa Obat Sakit Maag Paling Ampuh Di Apotik? Tentunya disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa sehingga dapat dilakukan langkah penganan yang tepat.


Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Obat Sakit Maag Tradisional Paling Ampuh. Semoga dapat bermanfaat, salam sehat selalu!
Advertisement

Masukan Email Anda agar dapat kiriman artikel kesehatan gratis langsung ke Email Anda:

0 Response to "Obat Sakit Maag Tradisional Paling Ampuh"

Post a Comment