Nutrisi Pada Anak Obesitas

Nutrisi Pada Anak Obesitas - Anak Anda mengalami obesitas bunda? Obesitas pada anak memang terkadang bikin pusing orang tua. Rasa tidak nyaman pada anak dan rasa kekhawatiran bunda akan berkontribusi menjadi satu dan menyumbang dampak buruk pada anak Anda. Karena itu obesitas pada anak memang akan harus segera ditangani agar tidak memberikan resiko dampak buruk pada anak Anda ke depannya.

Obesitas pada anak sendiri dapat diketahui dengan menghitung berat badan anak bersama indeks massa tubuhnya. Anda dapat mencari tahu berapa berat badan anak Anda dan seperti apa indeks massa tubuhnya untuk dapat menanggulangi dan mengatasi masalah obesitas pada anak. Dan salah satu cara mengatasinya yaitu dengan Anda berikan nutrisi yang tepat pada anak obesitas Anda. Lantas apa saja nutrisi pada anak obesitas? Berikut kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda.

Nutrisi Pada Anak Obesitas

Baca Juga: Jenis Obesitas Pada Anak Berdasarkan Tempat Penimbunan Lemaknya

Nutrisi Pada Anak Obesitas

1. Berikan makanan dengan kandungan karbohidrat sedang
Ada baiknya Anda juga turut memberikan kandungan makanan yang memiliki karbohidrat sedang pada anak Anda karena kandungan ini akan dapat memberikan energi pada anak. Anda bisa sertakan makanan mengandung tepung didalam makanan seperti kentang, roti, nasi dan pasta dan makanan gandum dengan varietas terbaiknya.

2. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat
Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat juga akan sangat baik pada anak yang mengalami obesitas karena dengan dia mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat maka hal ini akan berdampak positif karena sistem pencernaan dia akan menjadi lancar sehingga tak akan ada bahan makanan yang tidak penting tertimbun didalam tubuh. Makanan seperti buah dan sayur yang kaya kandungan serat menjadi makanan yang sangat penting dipenuhi oleh anak yang mengalami obesitas.

Baca Juga: Tanda – Tanda Obesitas Pada Anak yang Paling Sering Muncul

3. Susu rendah lemak juga perlu
Anak yang obesitas bukan berarti harus menghindari susu. Akan tetapi anak yang mengalami obesitas ada baiknya untuk mengonsumsi susu yang memang didalamnya kaya akan kandungan nutrisi dan paling penting susu tersebut merupakan susu yang rendah lemak. Soya juga dapat Anda berikan sebagai kelengkapan nutrisi pada anak Anda yang mengalami obesitas.

Upayakan Anda juga mengajak anak Anda untuk menjauhi makanan yang didalamnya banyak mengandung lemak LDL jahat karena akan berdampak buruk pada anak Anda. Anda bisa menghindarkan anak dari berbagai makanan cepat saji, junk food, makanan bersoda dan makanan gizi buruk lainnya.

4. Konsumsi air mineral secara cukup
Kita sudah pastinya sama – sama tahu bahwa anak yang mengalami kondisi obesitas perlu mengonsumsi bahan makanan yang dapat membuat anak cepat kenyang. Ada baiknya Anda mulai sekarang ajarkan agar anak bisa mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Anda bisa atur agar anak bisa mengonsumsi air putih sebelum makan dan sesudah makan agar cepat kenyang.

5. Konsumsi makanan mengandung zat besi
Makanan yang mengandung zat besi juga sangat penting. Rata – rata anak yang mengalami kondisi obesitas akan memberikan dampak mudah mengalami anemia. Dan masalah ini harus segera diatasi karena kalau tidak akan menimbulkan resiko negatif yang berkepanjangan. Upayakan untuk Anda berikan makanan yang mengandung zat besi seperti halnya sayur hijau dan berbagai makanan lainnya.

Baca Juga: Dampak Obesitas Pada Anak

Demikian sedikit informasi lengkapnya untuk Anda tentang Nutrisi Pada Anak Obesitas. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. Ajak anak Anda senantiasa memenuhi aturan konsumsi nutrisi yang baik.

Labels: ,