Jenis Obesitas Pada Anak Berdasarkan Tempat Penimbunan Lemaknya

Jenis Obesitas Pada Anak Berdasarkan Tempat Penimbunan Lemaknya - Obesitas yang terjadi memang dapat menyerang siapa saja. Obesitas dapat terjadi tidak hanya menyerang orang dewasa saja karena obesitas juga dapat terjadi dan menyerang anak – anak. Ketika obesitas terjadi dan menyerang anak – anak memang akan ampuh memberikan banyak dampak negatif pada perkembangan dan pertumbuhan anak – anak.

Obesitas yang terjadi pada anak sendiri dapat terjadi dengan berbagai macam jenis. Berbagai faktor penyebab juga dapat menjadi pemicu terjadinya obesitas pada anak dengan berbagai macam jenisnya. Faktor turunan atau faktor gaya hidup anak dapat menjadi penyebabnya. Mengenai jenis obesitas pada anak, berikut beberapa informasi lengkapnya untuk Anda tentang jenis obesitas pada anak. Simak informasi lengkapnya di bawah ini bunda!

jenis obesitas pada anak

Jenis Obesitas Pada Anak Berdasarkan Tempat Penimbunan Lemaknya

Obesitas android
Obesitas yang satu ini memiliki ciri pada laki – laki dengan abdomen yang besar akan tetapi pada bagian paha dan pantat relatif kecil. Juga dapat terjadi pada wanita yang sudah mengalami kondisi menopause yaitu jika lemak tertimbun di bagian tengah atas tubuh. Lemak yang tertimbun pada pengidap obesitas android merupakan lemak jenuh yang mengandung sel lemak yang besar sehingga akan jauh lebih mudah mengalami metabolisme. Mengenai jenis obesitas ini, menurut vague bahwa tipe android juga dapat terjadi pada anak dan beresiko lebih tinggi terhadap penyakit yang berhubungan dengan metabolisme lemak serta glukosa ketika dewasa.

Obesitas ginoid
Obesitas yang satu ini memiliki ciri abdomen kecil akan tetapi pada bagian pinggul atau pantat dan paha relatif besar. Hal ini terjadi karena sel – sel yang ada pada area tersebut lebih banyak terdiri dari lipoprotein lipase. Tipe obesitas ginoid sendiri lebih aman jika dibandingkan dengan tipe android sebelumnya karena lebih kecil kemungkinan terserang penyakit yang berhubungan dengan metabolisme dan glukosa.

Sementara obesitas pada anak juga didasarkan pada kondisi sel. Jenis obesitas pada anak dengan kondisi sel diantaranya :

Tipe hiperplastik
Tipe hiperplastik ini merupakan suatu kondisi kegemukan yang disebabkan karena jumlah sel lemak yang lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal. Akan tetapi ukuran sel lemak tersebut juga masih sesuai dengan ukuran sel yang normal. Tipe obesitas ini biasanya terjadi sejak masa anak – anak dan sulit untuk diturunkan ke berat badan secara normal. Jika terjadi penurunan berat badan tubuh sifatnya hanya sementara saja.

Tipe hipertropik
Jenis obesitas ini termasuk ke dalam tipe yang memiliki jumlah sel yang normal akan tetapi punya ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan ukuran normal. Dan kegemukan ini sifatnya terjadi pada orang dewasa dan relatif lebih mudah menurunkan berat badan tubuh dibandingkan pada tipe hiperplastik. Akan tetapi kegemukan tipe ini punya resiko lebih mudah terserang penyakit gula dan tekanan darah tinggi.

Tipe hiperplastik – hipertropik
Pada kondisi obesitas tipe ini jumlah atau juga ukuran sel yang terdapat didalam tubuh melebihi ukuran normalnya. Dan proses obesitas ini juga turut dimulai sejak masa anak – anak dan kemudian berlangsung terus sampai dewasa. Mereka yang mengalami kondisi obesitas ini paling sulit menurunkan berat badan tubuh dia.

Baca Juga:

Demikian sedikit informasi lengkapnya untuk Anda tentang Jenis Obesitas Pada Anak Berdasarkan Tempat Penimbunan Lemaknya. Semoga informasi yang kami berikan diatas untuk Anda menjadi informasi yang bermanfaat.
Advertisement

Masukan Email Anda agar dapat kiriman artikel kesehatan gratis langsung ke Email Anda:

0 Response to "Jenis Obesitas Pada Anak Berdasarkan Tempat Penimbunan Lemaknya"

Post a Comment