Dampak Obesitas Pada Anak

Dampak Obesitas Pada Anak - Obesitas atau kelebihan berat badan pada anak memang dapat terjadi karena berbagai macam faktor. Anak – anak yang mengalami obesitas dapat mengalami masalah obesitas tersebut karena dirinya secara alami sejak dalam kandungan atau juga dapat mengalami obesitas karena tumbuh kembangnya yang ternyata mengasup makanan kurang sehat.

Ketika anak – anak mengalami masalah obesitas tentu akan memberikan dampak buruk kalau tidak ditangani untuk perkembangannya. Bahkan anak – anak yang mengalami masalah obesitas sejak dini akan beresiko mengalami diabetes di usia dewasanya. Selain itu masih ada berbagai macam dampak lainnya ketika seorang anak mengalami masalah obesitas. Apa saja dampak obesitas pada anak? Mari kita simak informasi lengkapnya berikut ini!

dampak obesitas pada anak

Baca Juga: Penyebab Obesitas Pada Anak Remaja

Dampak Obesitas Pada Anak

1. Anak kesulitan mengatur pola makan
Anak yang mengalami kondisi obesitas memang akan terbiasa dengan porsi makan yang banyak karena anak yang obesitas tidak puas dengan makan menggunakan porsi kecil. Mereka cenderung kurang dengan makanan porsi kecil dan lebih suka untuk makan makanan yang berat – berat. Kebiasaan ini tentu akan mempengaruhi ketika dewasa sehingga lebih berpotensi untuk menimbun lemak yang ada didalam dirinya. 

2. Sistem imun anak yang terganggu
Obesitas yang terjadi pada anak juga akan meningkatkan resiko inflamasi pada anak. Inflamasi ini nantinya akan berpengaruh atas otak sehingga suasana hati akan lebih mudah berubah dan juga akan berpengaruh pada nafsu makan anak Anda.

3. Mengakibatkan gangguan pernapasan
Anak yang mengalami kondisi obesitas lebih beresiko mengalami gangguan pernapasan. Dan anak juga akan lebih suka mendengkur serta mudah mengalami rasa lelah yang dapat membuat anak jadi mudah tidur di siang hari.


4. Beresiko menimbulkan penyakit berbahaya
Beberapa penyakit yang berbahaya juga turut disebabkan karena obesitas. Misalkan penyakit kardiovaskular, penyakit asma, penyakit tekanan darah tinggi, dan juga penyakit hati. Obesitas yang dialami oleh anak tidak hanya akan membuatnya memiliki resiko mengalami penyakit saja akan tetapi juga dapat berpengaruh atas psikisnya seperti mengakibatkan depresi, rendah diri dan mengalami penurunan akademik di sekolah anak Anda.

Agar anak tidak sampai mengalami kondisi obesitas yang dampak obesitas pada anak sangat berbahaya, ada baiknya Anda selalu mengarahkan anak untuk melakukan aktivitas secara aktif dan menghindari aktivitas yang pasif.

5. Membuat masalah sendi dan tulang menjadi parah
Masalah yang satu ini juga bahkan tidak dapat dihindari. Baik anak atau orang dewasa yang mengalami masalah obesitas pasti akan bermasalah pada sendi dan tulangnya. Hal ini karena tubuh mereka yang mengalami obesitas sudah terlalu banyak membawa berat badan dan akan menempatkan pada resiko ketegangan di tulang serta sendi. Osteoarthritis tentu akan menjadi suatu masalah sendi yang dapat menjadi sangat menyakitkan pada orang yang mengalami obesitas.

6. Resiko mengalami penyakit jantung
Penyakit jantung merupakan sebuah kondisi yang paling umum dan dapat berpengaruh pada anak – anak yang mengalami masalah obesitas. Penyakit jantung sendiri berawal dari kolesterol tinggi dan juga tekanan darah tinggi yang merupakan kondisi sangat mungkin terjadi pada orang dengan kelebihan berat badan. Keduanya juga akan membuat jantung menjadi bekerja lebih keras dari normalnya sehingga akan bisa menyebabkan masalah jantung di kemudian hari.


Memang banyak dampak obesitas pada anak. Karena itu cegah obesitas terjadi pada anak Anda. Semoga informasi diatas tentang Dampak Obesitas Pada Anak bermanfaat.

Dampak Obesitas Pada Anak Rating: 4.5 Posted By: Arwana Pratama

0 komentar:

Post a Comment

 
Advertisement