Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan dan Kecantikan - Di daerah Jawa Timur, daging bebek terkenal, karena biasa dijadikan bebek goreng. Sementara, di daerah lainnya terkenal ayam, karena biasa memanfaatkan telurnya (Termasuk di Jawa Timur juga). Namun, ternyata bebek selain dagingnya, telurnya juga bermanfaat, walaupun belum banyak orang mengetahui tentang hal ini. Bahkan, di rumah tangga saja, biasanya orang-orang hanya menyediakan telur ayam saja dan bukannya telur bebek, karena alasan tadi, di mana masih banyak orang belum mengetahui kegunaan dan Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan dan Kecantikan, serta untuk memperolehnya tidak mudah.

manfaat telur bebek bagi kesehatan dan kecantikan

Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatan

Telur termasuk ke dalam sumber protein hewani, di mana ini merupakan sumber protein hewani terbaik kedua setelah daging-dagingan, dan harga yang lebih murah dibandingkan harus membeli daging terus menerus. Selain itu, proses pengolahannya menjadi makanan siap saji jauh lebih mudah ketimbang harus mengolah daging. Seperti yang sudah dibahas di atas, pada umumnya orang-orang lebih mengenal telur ayam, padahal selain telur ayam, terdapat telur bebek, itik, dan telur puyuh.

Telur sebagai makanan sumber protein memiliki banyak nilai positif (kebaikan). Dibuktikan oleh penelitian jika telur ternyata memiliki manfaat yang tidak kalah dari ikan, daging ayam, tempe dan tahu. Alasan di balik ini semua karena pada sebuah telur, terdapat kandungan asam amino yang terlengkap apabila dibandingkan dengan beragam sumber protein hewani lainnya. Juga, penelitian mengatakan bahwa telur bebeklah yang mempunyai kadar paling tinggi dibandingkan telur unggas lainnya. Mari kita membaca lebih mendetail mengenai ini.

Kandungan Gizi Telur Bebek

Vitamin A
Dalam telur bebek terkandung vitamin A dengan kadar cukup tinggi. Di mana 1 butir telur bebek yang masih mentah berukuran terbesar itu mempunyai kandungan vitamin A kurang lebih 472 IU, di mana ini merupakan 9.4% asupan vitamin harian untuk manusia yang direkomendasikan. Dan Anda pasti sudah mengerti bahwa vitamin A memegang peranan vital untuk menjaga kesehatan mata. Juga, vitamin A bisa menangkal radikal bebas yang ada di sekitar, menjaga tulang dan gigi supaya tetap sehat, dan memperkuat sistem antibodi tubuh.

Mineral
Kandungan kedua dalam telur bebek yang bermanfaat yaitu mineral. Telur bebek mentah mempunyai kandungan kurang lebih 154 mg Fosfor, atau 15,4% asupan harian untuk manusia yang direkomendasikan. Telur bebekpun menyumbangkan nutrisi lainnya seperti kalium, kalsium, serta zat besi dalam porsi cukup besar.

Selain vitamin A, mineral, asam amino, telur bebek juga mengandung vitamin B12, folat, vitamin B6, riboflavin dan pantotenat. Itulah beberapa kandungan positif yang terdapat dalam telur bebek, namun ternyata juga ada kandungan yang bersifat negatif, khususnya jika dikonsumsi terlalu sering, yaitu kandungan kolesterol dan lemak yang lumayan tinggi dibandingkan dengan telur ayam, jadi jumlah konsumsi telur bebek yang disarankan adalah 1 hingga 2 butir saja per harinya.

Manfaat Telur Bebek Untuk Kecantikan

Telur bebek selain untuk makanan, juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Caranya yaitu dengan memilih telur bebek yang bagus dan masih segar. Lalu, pisah kuning dan putih telur bebek, kemudian cukup dioleskan (putih telur bebeknya) ke wajah dengan merata. Terakhir, biarkan putih dari telur bebek tersebut mengering kurang lebih 15 menit. Dan jangan lupa membilas wajah Anda begitu sudah selesai hingga bersih, agar tidak lengket dan tidak berbau amis. Wajah pun menjadi berseri kembali.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat.
Advertisement

Masukan Email Anda agar dapat kiriman artikel kesehatan gratis langsung ke Email Anda:

0 Response to "Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment