Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan - Manfaat kunyit putih sangat banyak sekali untuk kesehatan manusia khususnya untuk kaum wanita yang notabene merupakan sosok yang sensitif terhadap berbagai masalah kesehatan. Walaupun secara umum kunyit putih ini tetap memberikan manfaat bagi pria. Tapi secara khusus dan jika dikupas lebih mendalam lagi, kunyit putih ini lebih banyak memberikan manfaat untuk masalah kesehatan pada wanita. Kunyit putih ini termasuk pada ketegori tanaman rempah rempah yang merupakan tanaman asil dari Asia Tenggara sebelum akhirnya menyebar ke seluruh wilayah Australia hingga Afrika.

Kunyit putih dikenal oleh kebanyakan masyarakat sebagai bumbu masakan yang tentunya memberikan cita rasa tersendiri untuk masakan anda. Nama latin dari kunyit putih ini adalah curcuma alba L atau dikenal juga dengan nama curucuma mangga. Bahkan di daerah daerah tertentu di Indonesia, kunyit putih ini memiliki nama lain seperti temu mangga dan juga kunir putih. Dari sekian banyak naman nama tersebut tidak mengubah kandungan nutrisi yang terdapat pada kunyit putih ini.

Manfaat kunyit putih yang sangat banyak tidak dapat diragukan lagi terutama untuk masalah kesehatan wanita. Hal ini tidak terlepas dari kandungan senyawa penting pada kunyit putih ini seperti : Kurkumin, Demetoksiumin, Bisdesmetoksirkurkumin, Sineol. Senyawa yang berupa nutrisi penting yang terdapat pada kunyit putih ini ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti berikut ini :

manfaat kunyit putih

Diabetes Melitus
Untuk mengobati sakit diabetes melitus, caranya sangat mudah, anda ambil saja 3 rimpang kunyit putih yang telah dibersihkan, setengah sendok makan garam dan satu liter air. Ketiga bahan tersebut anda campurkan dan rebus hingga mendidih. Setelah mendidih kemudian angkat dan saring agar kotorannya tidak terbawa. Air saringan ini anda konsumsi seminggu dua kali sebanyak setengah gelas setiap konsumsinya untuk menyembuhkan diabetes melitus sesegera mungkin.

Tifus
Untuk menyembuhkan sakit tifus, anda ambil 2 rimpang saja kunyit putih, 1 bongol sere atau sereh dan daun sambiloto sebanyak satu lebar saja. Cara pembuatannya adalah dengan menumbuk hingga halus kunyit putih yang telah disediakan, begitu pula dengan bongol sere dan daun sambilotonya. Setelah halus, masukan ke dalam air hangat dan saring untuk memisahkan air besih dan dedak dari bahan. Konsumsilah selama satu minggu berturut turut.

Sakit Keputihan
Keputihan bagi wanita sangat memalukan terutama bagi mereka yang memiliki pasangan karenabaunya yang menyengat menjadikan kesan yang kotor dan sangat amis. Untuk menyembuhkannya anda cukup merebus 2 rimpang kunyit putih, satu genggam daun beluntas, satu genggam buah asam, satu potong gula area atau gula kelapa dan satu liter air dalam satu wadah. Setelah medidih diangkat dan disaring untuk anda konsumsi airnya setiap hari satu gelas saja.

Melancarkan Haid
Haid yang tidak lancar menjadikan perut terasa mulas, sakit pada bagian rahim dan pada persendian persendian tertentu. Maka dari itu, lancarkan haid tersebut dengan memanfaatkan kunyit putih ini. Cukup ambil 2 rimpang kunyit putih, kemudian ketumbar, biji pala, daun srigading masing masing setengah sendok. Campurkan bahan bahan tersebut kemudian tumbuk dan rebus dengan air satu liter saja. Saring dan anda minum air saringan tersebut setiap hari satu gelas.

Baca Juga:
Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Yang Anda Perlu Tahu
Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Cara Mencerahkan Siku Dan Lutut Dengan Scrub Kunyit

Silahkan untuk merasakan manfaat kunyit putih ini untuk kesehatan anda dan anda dapat menggali lagi manfaat dari kandungan senyawa yang terdapat pada kunyit putih ini.

Labels: ,