Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Yang Anda Perlu Tahu

Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Yang Anda Perlu Tahu - Manfaat kencur secara mendasar adalah sebagai bumbu dapur dan perasa serta pemberi aroma pada lauk makanan, tapi jika dilihat dari senyawa yang terdapat pada kencur ini maka banyak yang memanfaatkannya sebagai obat. Walaupun sebagian besar merupakan obat untuk sakit dalam kategori yang rendah. Dalam bahasa biologi, kencur ini dikenal dengan istilah kaempferia galaga tapi ada sebagian daerah yang menyebutnya cikur. Wanginya yang khas menjadikan kencur ini sangat cocok untuk dijadikan sambal ataupun bumbu cobek.

Ada banyak sekali kandungan senyawa bermanfaat yang terdapat pada kencur ini. Beberapa diantaranya akan dibahas pada artikel di bawah ini.

manfaat kencur

Adapun manfaat kencur dengan melihat kandungan senyawa yang terdapat pada tabel di atas khususnya untuk menyembuhkan penyakit dalam kategori penyakit biasa adalah :

Menyembuhkan Radang Lambung
Untuk menyembuhkan radang pada lambung, anda ambil kencur yang sudah dibersihkan dan dikuliti dua rimpang saja sebesar ibu jari kemudian anda kunyah. Yang ditelan hanya airnya saja sedangkan ampas dari hasil kunyahan kencur tersebut anda buang dan anda lanjutkan dengan meminum air putih. Ulangi cara ini setiap hari hingga radang lambung yang anda derita dapat sembuh total.

Menyembuhkan Radang Telinga
Radang telinga yang sulit untuk disembuhkan, dapat dengan cepat sehat dengan kencur ini. Caranya sangat mudah karena anda hanya perlu 2 rimpang kencur dan setengah biji buah pala. Kedua bahan tersebut ditumbuk hingga halus kemudian anda campurkan air hangat dan oleskan pada sekitar hidung. Maksudnya adalah agar aroma dari campuran bahan tersebut terisap hingga akhirnya akan bereaksi pada radang telinga yang anda derita.

Menyembuhkan Batuk
Anda ambil satu rimpang kencur kemudian parut dan tambah air hangat satu gelas saja kemudian peras dan saring. Nah air saringan ini anda minum dengan menambahkan garam ke dalamnya. Selain diparut anda juga dapat mengunyah langsung kencur ini, telan airnya dan buang ampasnya. Lakukan setiap pagi untuk hasil yang lebih baik.

Menyembuhkan Diare
Caranya sama dengan menyembuhkan batuk yang diparut tapi ini dioeleskan saja pada bagian perut sebagai bedak agar terasa hangat.

Menghilangkan Darah Kotor
Darah kotor ini biasanya memiliki ciri dengan tubuhnya bisul bisul atau kondisi darah yang kotor ketika anda mengecek ke dokter. Untuk menghilangkan darah kotor menggunakan kencur ini adalah dengan mengambil 4 rimpang kencur, 2 biji cengkeh, 2 lembar daun trengguli dan adas pulawaras secukupnya saja. Pembuatannya adalah dengan merebus semua bahan dengan air hingga mendidih kemudian saring dan minum dua kali dalam seharinya.

Mempercepat Penyembuhan Keseleo
Ini sudah familiar bahwa jika terjadi keseleo anda dapat memanfaatkan kencur ini untuk menyembuhkannya. Cukup dengan satu rimpang kencur saja dan juga beras yang direndam terlebih dahulu kemudian bahan tersebut dipipiskan dan campurkan air secukupnya. Pengaplikasiaannya sangat mudah hanya dengan mengoleskan saja pada bagian yang keseleo tersebut.

Menyembuhkan Sakit Kepala
Yang digunakan bukan merupakan rimpangan kencur tapi daun kencur sebanyak 2 hingga 3 daun saja. Bersihkan dari kotoran dan tumbuk hingga daun kencur tersebut halus. Konsumsilah hasil tumbukkan daun kencur tersebut dengan garam dan minum air putih yang sudah dimasak. Lakukan setiap sehari dua kali atau hingga anda benar benar sembuh dari sakit kepala.

Baca Juga:
Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh
5 Makanan Sehat Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Itulah manfaat kencur yang sangat banyak dan ampuh setidaknya untuk menyembuhkan penyakit yang kategorinya ringan.

Labels: ,