Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Sirih adalah tanaman asli negara Indonesia. Tanaman ini tumbuh bersandar dan merambat di batang pohon lainnya. Untuk budidayanya, sirih merah bisa dimanfaatkan baik daun maupun buahnya, dan biasanya orang-orang mengunyahnya bersama dengan gambir, kapur dan pinang. Walaupun memang mengunyah sirih itu seringkali dikaitkan dengan jenis penyakit kanker mulut serta pembentukan squamous cell carcinoma, dengan sifat malignan. Kandungan yang terdapat dalam sirih merah yaitu polifenol, flavonoid, tanin, alkonoid, sapononin, minyak atsirih, karvokol, allyprokatekol, cineole, p-cymene, coryofelen, ekstragol, kadimen, propoda dan terpenana.

Senyawa polifenol dan flavonoid itu memiliki manfaat untuk antiflamasi, antidiabetic, dan antioksidan. Juga terdapat senyawa yang berfungsi sebagai penghambat kanker yaitu senyawa alkaloid. Bahkan pernah ada percobaan memberikan rebusan dari daun sirih merah, untuk tikus, dan hasil yang diperoleh yaitu kadar gula dalam tubuh tikus tersebut pun berkurang. Sehingga, terbukti bahwa Manfaat Daun Sirih Merah ini bisa membantu untuk menyembuhkan atau meringankan seseorang dengan penyakit diabetes. Terbukti bahwa sirih merah bisa mengontrol gula darah di tubuh. Senyawa lain yang terdapat pada sirih merah juga bermanfaat bagi kesehatan, misalnya senyawa karvakol yang berfungsi untuk anti jamur dan desinfektan, juga dapat digunakan untuk obat keputihan dan obat kumur.

manfaat daun sirih merah

Manfaat Sirih Merah Untuk Kecantikan

Senyawa polevanolad yang terdapat pada sirih merah juga bermanfaat untuk kecantikan seseorang. Polevanolad ini terbukti bisa menjaga kulit seseorang dari penuaan dan mencegah gangguan jerawat di kulit, khususnya pada daerah wajah. Apabila kondisi memaksa Anda untuk sering bekerja di luar seharian, misalnya pekerja bagian lapangan, maka Anda tentu harus berhadapan dengan beragam kotoran, debu bahkan sinar matahari yang tak menyehatkan karena ultravioletnya. Namun jangan khawatir, dengan bantuan sirih merah, Anda tetap dapat menjaga kecantikan kulit Anda, supaya terlihat tetap cantik dan tidak terpengaruh efek buruk tadi.

Kembali berbicara mengenai senyawa polevanolad, senyawa ini bisa memberikan proteksi pada kulit, dari gangguan debu, kotoran dan juga sengatan sinar matahari dengan ultravioletnya yang berbahaya. Jadi, dengan menggunakan perlindungan sirih merah ini, Anda pun dapat bekerja dengan lebih leluasa tanpa harus takut kulit Anda menjadi rusak. Selain senyawa polevanolad, ada senyawa lainnya dalam sirih merah yang bisa meningkatkan kecantikan kulit yaitu senyawa alkaloid. Alkaloid bisa menjadi pencegah timbulnya penyakit kulit. Contohnya yaitu kanker kulit maupun penyakit kulit biasa lainnya. Anda pun dapat tampil dengan lebih percaya diri. Cara memanfaatkan sirih merah bagi kecantikan ini ada beberapa metode yaitu dengan metode pengolesan dan minum.

Kegunaan Sirih Merah Untuk Diabetes

Selain untuk kecantikan, sirih merah pun berfungsi untuk membantu meringankan penyakit Diabetes Mellitus pada seseorang, seperti yang sudah dijelaskan sekilas sebelum ini. Penyakit Diabetes Mellitus ini biasa dikenal juga dengan nama penyakit kencing manis, karena kadar gula yang berlebihan di dalam darah, dan penyakit ini dapat membahayakan nyawa seseorang.

Manfaat dari sirih merah terhadap penyakit diabetes juga karena senyawa yang terkandung di dalamnya, yang bisa mengontrol gula darah, yaitu senyawa alkaloid, tannin, flavanoid dan juga senyawa saponin. Senyawa-senyawa tersebut dalam melakukan aktivitas hipoglikemik, di mana aktivitas inilah yang membuat kadar gula dalam darah seorang penderita kencing manis dapat tetap stabil walaupun tanpa menggunakan suntik insulin. 

Baca Juga:

Demikian artikel tentang Manfaat Daun Sirih Merah untuk diabetes dan kecantikan, semoga bermanfaat!.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Posted By: Arwana Pratama

0 komentar:

Post a Comment

 
Advertisement