Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui - Daun pandan memiliki aroma yang sangat khas sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pengharum alami masakan. Pandan merupakan tanaman sejenis palem-paleman yang banyak tumbuh di daerah-daerah tropis dan subtropis Asia, terutama di Asia Timur dan Asia Tenggara. Di Indonesia tumbuhan ini biasanya diambil daunnya untuk bahan campuran masakan. Di Indonesia bahkan kita mengenal bolu pandan, cake berbahan dasar daun pandan yang terkenal karena aroma dan rasanya yang sangat khas serta menggugah selera.

Jika biasanya kita mengenal daun pandan karena kegunaannya sebagai pengharum masakan, maka kita juga perlu mengenal manfaat lain dari daun pandan yaitu sebagai obat herbal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Di dalam daun pandan terkandung beberapa senyawa kimia seperti zat tanin, saponin, glikosida, dan alkaloid yang terbukti mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

manfaat daun pandan

Khasiat dan Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa Manfaat Daun Pandan bagi kesehatan dan kecantikan tubuh yang perlu untuk anda ketahui, diantaranya sebagai berikut :

1. Luka Lebam dan Pegal Linu
Tumbuk lima lembar daun pandan dan dua batang serai yang sudah dicuci. Tambahkan minyak kayu putih lalu campurkan sampai rata. Setelah itu gunakan ramuan ini untuk mengurut bagian tubuh yang pegal linu atau gunakan untuk mengompres luka lebam.

2. Menambah Nafsu Makan
Rebus tiga lembar daun pandan yang sudah dicuci dengan dua gelas air. Biarkan dingin lalu minum saat pagi dan malam hari masing-masing satu gelas. Anda juga dapat menambahkan madu saat air rebusan daun pandan sudah dingin agar tidak terasa hambar.

3. Menjaga Kesehatan Rambut
Daun pandan dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut seperti ketombe, rambut kering, serta berguna untuk menghitamkan kembali rambut. Caranya, cacah kecil 10 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih. Angkat lalu diamkan air rebusan daun pandan tersebut selama setengah hari. Setelah itu gunakan untuk membasuh rambut terutama pada bagian kulit kepala. Ulangi cara ini paling tidak seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menjaga Stamina Tubuh
Mengkonsumsi daun pandan ternyata juga bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap senantiasa bugar dan bertenaga sepanjang hari. Caranya, rebus lima lembar daun pandan bersama tiga gelas air, angkat setelah mendidih, diamkan sampai dingin, tambahkan air perasan dari satu butir jeruk nipis, kemudian minum setiap dua hari sekali.

Kegunaan Lain Tanaman Pandan
  • Batang Pandan. Rebus batang pandan yang sudah dipotong-potong kemudian setelah dingin, gunakan untuk mandi. Air rebusan batang pandan bermanfaat untuk mengatasi gangguan kulit seperti jamur, gatal-gatal, serta cacar air.
  • Akar Pandan. Tumbuk sampai halus akar pandan yang sudah dibersihkan kemudian gunakan untuk menutupi luka agar cepat sembuh.
  • Bunga Pandan. Bunga pandan yang sudah diekstrak menjadi minyak pandan bermanfaat untuk meredakan demam, sakit kepala, nyeri dada, dan nyeri sendi.
Baca Juga:

Bagaimana?? Ternyata cukup banyak bukan manfaat serta khasiat yang bisa kita dapatkan dari daun pandan ini. Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai beberapa Manfaat Daun Pandan bagi kesehatan yang jarang diketahui. Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan kita semua, serta dapat memberikan informasi yang bermanfaat mengenai daun pandan ini serta manfaat dan khasiatnya. Salam sehat selalu !

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Rating: 4.5 Posted By: Arwana Pratama

0 komentar:

Post a Comment

 
Advertisement