Manfaat Dan Khasiat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Wortel Bagi Kesehatan - Manfaat wortel yang masih mentah lebih banyak untuk kesehatan dan gizinya masih sempurna. Wortel memang biasa kita kenal sebagai sayuran. Kita biasanya mengkonsumsi wortel sebagai bahan campuran untuk membuat sop atau juga  jenis makanan lainnya. Namun tak jarang, banyak yang tak menyukai sayuran \ oranye ini. Kebanyakan mereka yang tidak menyukai wortel beralasan jika sayuran ini mempunyai rasa yang sedikit aneh. Padahal sayuran ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Ada banyak sekali jenis wortel yang dapat Anda temui di dunia ini. Sayuran ini juga terkenal sebagai sumber vitamin A yang cukup tinggi sehingga dinilai sebagai salah satu makanan sehat yang ada di dunia. Selain vitamin A-nya, sayuran yang satu ini  juga sangat kaya dengan  kandungan nutrisi yang lain, untuk itu bagi anda yang ingin hidup dengan sehat Anda dapat mulai untuk  mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Nah kira – kira apa manfaat wortel untuk kesehatan Anda simak ulasan yang berikut ini.

manfaat wortel bagi kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Wortel Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Fungsi Penglihatan
Manfaat wortel yang pertama adalah jelas untuk kesehatan mata. Wortel sudah sering sekali dikenal sebagai sumber makanan yang bisa menyehatkan indera penglihatan Anda. Wortel mentah mengandung vitamin A yang banyak sekali yaitu sekitar 16.706 IU atau juga setara dengan 557 persen kebutuhan vitamin A untuk tubuh manusia. Tak hanya itu saja, wortel juga mempunyai banyak beta carotene yang dapat diubah untuk menjadi vitamin A di dalam organ hati kita.

2. Membantu Pencegahan Penyakit Kanker
Banyak sekali penelitian yang menunjukan jika sayuran yang satu ini jika dalam dikonsumsi dalam keadaan mentah terbukti bisa membantu untuk menurunkan resiko kanker usus, dan kanker payudara serta kanker paru – paru. Penelitian terbaru bahkan dapat menunjukan jika wortel mentah memiliki banyak zat falcarinol dan juga falcarindiol yang termasuk zat anti kanker. Falcarinol sendiri adalah sejenis pestida alami yang dapat dihasilkan oleh sayuran yang berwarna oranye ini guna melawan penyakit tanaman khususnya yang diakibatkan oleh jamur.

3. Wortel Mentah Sebagai Detoks Alami
Wortel bisa menjadi alternatif detoks yang terbilang ampuh. Wortel juga bisa digunakan untuk membantu kerja hati dalam membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Kolesterol jahat dan juga lemak bisa dikurangi dengan sering mengkonsumsi wortel. Hal ini ternyata yang menjadikan wortel sebagai makanan yang direkomendasikan untuk anda yang menjalani program penurunan berat badan atau diet sehat.

4. Mencegah Penyakit Stroke
Penelitian yang telah dilakukan di Universitas Harvard menunjukan bila ada seseorang yang mengkonsumsi lebih dari enam wortel mentah di dalam kurun waktu satu minggu, maka orang tersebut mempunyai resiko stroke yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi wortel satu buah wortel dalam waktu  bulan.

Baca Juga:
Manfaat Dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
7 Khasiat Air Garam Untuk Kecantikan Kulit Wajah
Jus Sehat Ini Bisa Hilangkan Jerawat Dengan Cepat

Demikian manfaat wortel yang baik untuk kesehatan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.

Labels: ,