Manfaat Buah Bit Merah yang Jarang Diketahui

Manfaat Buah Bit Merah yang Jarang Diketahui - Buah bit merupakan bahan makanan berbentuk umbi-umbian yang dihasilkan oleh tanaman bit atau yang memiliki nama ilmiah Beta vulgaris. Buah ini memang belum terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia karena memang belum ada yang membudidayakannya di tanah air. Namun di daerah asalnya, di Amerika tengah dan Eropa, buah bit cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Buah ini biasanya dimakan mentah sebagai salad atau diolah menjadi sup. Borscht nama sup berbahan dasar buah bit yang sangat terkenal di Eropa Timur.

Jika dilihat sekilas, buah bit tampak seperti ubi jalar yang banyak dikenal di Indonesia. Apalagi buah ini juga memiliki warna daging buah berwarna ungu terang yang sangat mirip dengan ubi jalar. Namun, kedua buah ini sebenarnya memiliki perbedaan yang sangat jauh. Ubi jalar memiliki tekstur buah yang rapuh dan lembek. Sedangkan buah bit memiliki tekstur daging buah yang keras dan kesat. Buah bit lebih cocok dikatakan mirip dengan wortel dibandingkan ubi terutama karena teksturnya yang sama-sama keras.

manfaat buah bit

Kandungan Gizi Buah Bit

Warna terang yang dimiliki oleh buah bit menunjukkan bahwa buah ini kaya akan kandungan vitamin C. Dalam setiap 100 gram buah bit sendiri terkandung 3,6 mg vitamin C yang berarti 4% dari angka kecukupan gizi harian. Warna terang pada buah bit sendiri disebabkan karena kandungan senyawa betalain, yaitu pigmen tumbuhan yang memberikan warna merah pada tumbuhan ini.

Kandungan Gizi Per 100 Gram Buah Bit :

Beberapa Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Dianjurkan untuk mengkonsumsi buah bit dalam keadaan mentah atau dibuat menjadi jus agar kandungan nutrisinya tidak banyak yang hilang selama proses memasak. Buah bit sendiri memiliki rasa tawar mirip seperti bengkoang. Jika tidak suka dengan rasanya, anda dapat menambahkan madu dalam jus buah bit ini. Beberapa manfaat buah bit bagi kesehatan dapat anda lihat dalam penjelasan berikut ini.

1. Makanan Sumber Stamina
University of Exter, Inggris pernah mempublikasikan sebuah penelitian mengenai buah bit. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa konsumsi jus buah bit berkolerasi positif terhadap stamina tubuh. Hal ini dikarenakan buah bit mengandung suatu senyawa kimia bernama nitrat yang berfungsi untuk melancarkan peredaran oksigen dala tubuh. Kekurangan oksigen sendiri merupakan salah satu penyebab utama tubuh mengalami kelelahan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Buah bit memiliki kandungan vitamin B9 (folat) serta mineral mangan dalam jumlah yang cukup banyak. Mineral mangan dan folat sendiri merupakan dua zat gizi yang diketahui mampu menjaga kesehatan organ-organ peredaran darah, terutama jantung. Konsumsi kedua zat gizi ini akan berpengaruh terhadap menurunnya kandungan homosistein di dalam tubuh. Homosistein sendiri merupakan senyawa kimia berbahaya yang diketahui menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung, stroke, serta pengerasan pembuluh darah.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Buah bit memiliki kandungan zat potasium dalam jumlah banyak yang salah satu fungsinya adalah untuk menormalkan tekanan darah. Potasium merupakan salah satu jenis mineral yang memiliki peran penting dalam sistem peredaran darah manusia. Selain dapat mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi), potasium juga mampu melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

4. Bagus Untuk Ibu Hamil
Buah bit merupakan makanan sumber asam folat (vitamin B9). Asam folat sendiri merupakan salah satu asupan nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu yang sedang mengandung. Konsumsi asam folat yang cukup pada ibu hamil akan meminimalisir kemungkinan bayi lahir dengan cacat otak.

5. Mencegah Kurang Darah (Anemia)
Zat besi yang terkandung di dalam buah bit merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan sel darah merah manusia. Selain zat besi, asam folat juga memiliki peran penting dalam proses pembentukan sel darah merah manusia.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal
Mengkonsumsi buah bit diketahui memiliki manfaat untuk membersihkan saluran ginjal dari pengendapan mineral kalsium yang dapat memicu munculnya penyakit batu ginjal.


Efek Samping Buah Bit

Sebenarnya tidak ada efek samping yang perlu dikhawatirkan dari mengkonsumsi buah bit. Hanya saja, mengkonsumsi buah bit dalam jumlah banyak seringkali menyebabkan air urin berubah warna menjadi merah. Warna urin yang merah ini disebabkan karena zat betanin yang terkandung dalam buah bit. Masalah ini sebenarnya tidak perlu terlalu diwaspadai karena memang sama sekali tidak memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Efek urin berwarna merah sendiri akan segera hilang begitu sisa-sisa zat betanin dikeluarkan dari tubuh.

Baca Juga:
Manfaat Dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
Beberapa Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh
Berbagai Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Cukup banyak Manfaat Buah Bit bagi kesehatan kita bukan ?! Demikianlah tadi ulasan kita kali ini. Semoga dapat menambah wawasan serta dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda!

Labels: ,