Manfaat Alami Buah Mentimun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Alami Buah Mentimun - Mentimun adalah buah atau sayur yang tergolong pada jenis labu-labuan dengan nama Latin Cucumis Sativus. Jenis buah yang sering dijadikan pelengkap pada hidangan-hidangan. Beberapa orang menganggapnya sebagai pebagai garnis atau penghias semata. Padahal manfaat buah mentimun ini selain dapat menyegarkan karena memiliki kandungan air yang kaya layaknya semangka, buah ini juga punya banyak manfaat karena kandungan vitamin dan mineral didalamnya.

Apabila anda merasa belum minum cukup air, sebaiknya segera makan mentimun. Buah yang 90 persen terdiri atas air ini akan segera mengembalikan cairan dalam tubuh. Mentimun sangat mudah ditemukan hampir di seluruh dunia, buah dengan karakter kandungan airnya yang melimpah ini, ternyata juga memiliki khasiat alami yang tinggi buat kesehatan tubuh. Kandungan air yang tinggi serta kaya akan vitamin seperti vitamin A, B, C, dan mineral seperti magnesium, kalium, mangan dan silika membuat buah ini tergolong penting dalam hal perawatan kulit tubuh.

manfaat alami buah mentimun

Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Jika digunakan langsung bersentuhan dengan kulit maka  mentimun dapat memelihara kulit agar tampak muda, dikarenakan efek hidrasi dan properti anti inflamasi yang dimilikinya. Mentimun juga melawan panas dari dalam tubuh yang disebabkan udara sekitar, misalnya disaat panas terik, Anda juga bisa mengaplikasikan mentimun pada kulit untuk menjaga kelembabannya.

Ketika dimakan, kandungan air yang tinggi dan mineral mentimun yang seimbang menjadikannya sebagai salah satu diuretik (efek yang mendorong produksi urine) yang baik sehingga menjaga ginjal  tetap sehat. Mentimun adalah sumber yang baik untuk kesehatan sendi dengan cara memperbaiki jaringan persendian yang saling berhubungan. Jika buah mentimun dipadukan dengan jus wortel akan mengobati encok dan arthritis dengan menekan kadar asam uric.

Mentimun juga kaya silika, mineral yang diperlukan untuk kulit, tulang dan jaringan konektif yang sehat. Mineral silika dalam mentimun membuat rambut dan kuku lebih kuat dan bersinar. Kandungan sulfur dan silika terbukti merangsang pertumbuhan rambut. Silika juga berperan penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular dan osteoporosis.

Jus mentimun mengobati dan menyegarkan bau napas akibat sakit gusi. Untuk memperoleh manfaat ini, anda dapat meletakkan sepotong mentimun dalam rongga mulut. Selanjutnya mentimun ditekan dengan menggunakan lidah pada atap mulut. Kandungan fotokemikal yang terdapat pada buah mentimun akan membunuh bakteri yang mengakibatkan bau napas tak sedap.

Masih banyak lagi khasiat alami buah mentimun disamping yang telah dipaparkan seperti di atas, diantaranya adalah bagi penderita hipertensi, ada baiknya mengkonsumsi mentimun rutin setiap harinya. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung, dimakan setelah dicuci bersih atau dibikin jus mentimun. Tetapi akan lebih baik lagi jika Anda menghaluskan satu buah mentimun kemudian anda dapat memerasnya. Buang ampas dan minum air perasan tadi. Untuk mendapat hasil yang maksimal, minumlah air perasan mentimun sebanyak tiga kali dalam sehari. Disaat pagi, siang dan malam hari.

Para ahli memberikan alasan mengapa manfaat buah mentimun untuk darah tinggi sangat baik. Hal ini karena sifat uretic mentimun yang terdiri dari 90% air mampu mengeluarkan kandungan garam yang berlebih dari dalam tubuh. Mineral yang kaya pada buah mentimun membuatnya mampu mengikat garam dan dikeluarkan melalui urin.

Baca Juga:
Beberapa Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh
Jus Sehat Ini Bisa Hilangkan Jerawat Dengan Cepat
Manfaat Dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai khasiat serta manfaat buah mentimun, buah yang menyegarkan serta kaya kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan kita akan manfaat dari buah ini.

Labels: , ,