Khasiat dan Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan - Selama ini mungkin kita hanya mengenal alpukat dari buahnya saja. Buah alpukat memang banyak dikenal dan menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang enak serta tekstur daging buahnya yang lembut. Buah alpukat juga terbukti mengandung berbagai jenis nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain buahnya, bagian lain dari pohon alpukat, yaitu daunnya ternyata juga mengandung berbagai macam zat nutrisi. Manfaat daun alpukat pun bisa dibilang tidak kalah banyak dari buahnya.

Daun alpukat sering dimanfaatkan sebagai obat herbal terutama karena kandungan vitamin dan mineral esensialnya, terutama mineral sodium. Di dalam daun alpukat juga ditemukan kandungan beberapa senyawa kimia lain seperti asam pantotenat serta tanin.

Daun alpukat memiliki tekstur yang kasar sehingga tidak bisa dimakan secara langsung. Untuk itu daun alpukat biasanya dibuat menjadi teh untuk diminum airnya. Anda dapat membuat sendiri teh daun alpukat ini dengan cara merebus beberapa lembar daun alpukat yang sebelumnya telah dikeringkan.

manfaat daun alpukat

Khasiat dan Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan

Daun alpukat sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi tekanan darah tinggi serta berbagai masalah pencernaan. Manfaat daun alpukat yang lain dapat anda baca pada uraian di bawah ini.

1. Mengobati Sakit Diare
Daun alpukat mengandung senyawa kimia bernama tanin yang diketahui dapat menyembuhkan penyakit diare. Tanin adalah zat yang membuat daun alpukat menjadi terasa pahit. Zat ini diketahui memiliki fungsi sebagai antibakteri sehingga sangat efektif untuk dijadikan sebagai obat diare. Selain daun alpukat, zat tanin juga terkandung dalam teh hitam serta daun salam.

2. Mengobati Kencing Batu
Teh daun alpukat terbukti dapat membersihkan saluran ginjal sehingga dapat mencegah munculnya batu ginjal. Caranya, siapkan 5-7 lembar daun alpukat segar, rebus dengan 2 liter air sampai mendidih dan air berubah warna, diamkan sampai dingin, kemudian minum. Dianjurkan untuk meminum 1 gelas teh daun alpukat ini saat pagi hari dan dua gelas saat malam hari.

3. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Panduan teh daun alpukat, lemon, serta madu bisa menjadi kombinasi yang ampuh untuk mengatasi penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi). Caranya adalah dengan membuat teh daun alpukat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kemudian campurkan madu dan air perasan lemon secukupnya sebelum diminum. Minum ramuan ini satu gelas setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengobati Sakit Perut dan Sembelit
Selain dapat digunakan untuk mengobati diare, daun alpukat juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan lain seperti sakit perut dan sembelit (susah buang air besar). Caranya, rebus 5 lembar daun alpukat bersama kunyit yang sudah dimemarkan dalam 2 liter air, biarkan sampai mendidih, lalu minum secara teratur setiap hari.

5. Mengatasi Rematik dan Sakit Pinggang
6. Mengobati flu dan Gangguan Pernapasan Lain
7. Mengobati Sakit Kepala

Efek Samping Daun Alpukat

Beberapa laporan menunjukkan bahwa terjadi banyak kasus keracunan hewan ternak akibat memakan daun alpukat. Namun sejauh ini, belum ada laporan mengenai kasus keracunan yang terjadi pada manusia. Daun alpukat memang memiliki sifat toxic karena memiliki kandungan zat persin, namun masih aman dikonsumsi oleh manusia asalkan tidak dalam jumlah yang berlebihan.

Baca Juga:

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Manfaat Daun Alpukat untuk kesehatan.  Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat, serta dapat menambah wawasan kita. Salam sehat selalu!
Advertisement

Masukan Email Anda agar dapat kiriman artikel kesehatan gratis langsung ke Email Anda:

0 Response to "Khasiat dan Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan"

Post a Comment