Ketahui 5 Cara Sehat Mencegah Gigi Menguning

Ketahui Cara Sehat Mencegah Gigi Menguning – Mungkin anda bertanya-tanya kenapa gigi menguning sedangkan anda sudah rajin gosok gigi setiap hari? Gigi yang kuning dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang apalagi jika sedang tersenyum. Orang yang memiliki gigi kuning akan membuat senyumya tidak menawan lagi. Gigi merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang sangat penting. Tugasnya sebagai penghancur makanan yang masuk ke dalam mulut, namun jika kebersihannya diabaikan maka akan membuat gigi berlubang dan juga berubah warna menjadi kuning.

Tidak dapat dipungkiri memang, seiring bertambahnya usia, lapisan enamel yang ada pada gigi manusia menjadi lebih tipis. Tipisnya lapisan ini menyebabkan lapisan dentin yang terdapat didalamnya menjadi terlihat. Lapisan dentin pada gigi itu berwarna kuning. Namun juga warna kuning pada gigi disebabkan oleh makanan atau minuman yang meninggalkan noda pada gigi. Oleh sebab itu jika anda menginginkan gigi yang putih bersih terjaga, ada beberapa tips cara sehat mencegah gigi menguning dari kami untuk anda. Berikut ulasannya.

mencegah gigi menguning

Cara Sehat Mencegah Gigi Menguning

1. Menghindari Mengkonsumsi Teh Hitam
Teh yang anda minum sehari-hari meninggalkan noda kuning pada gigi. Ini disebabkan oleh kandungan kromogen yang tinggi pada teh. Bahkan kandungan kromogen ini lebih tinggi dari pada kopi. Namun jika mengkonsumsi teh sudah menjadi kebiasaan sehari-hari anda, sebainya anda memilih untuk mengkonsumsi teh hijau atau white tea yang lebih jernih tampilannya dibandingkan dengan teh hitam.

2. Menghindari Minuman Berkarbonasi
Selain teh, minuman berkarbonasi juga memiliki kandungan kromogen di dalamnya sehingga akan membuat gigi anda menguning jika terlalu sering mengkonsumsinya. Apalagi jika anda mengkonsumsi jenis minuman cola karena memiliki tingkat keasaman tinggi serta kromogen yang tinggi pula sehingga mengakibatkan kerusakan gigi serta gigi yang menguning. Yang lebih mengerikan lagi tingkat keasaman minuman berkarbonasi sama dengan keasaman baterai.

3. Menghindari Mengkonsumsi Buah Berwarna Terang
Mengkonsumsi buah memang baik untuk kesehatan, tetapi jika anda mengkonsumsi buah-buahan yang berwarna terang bisa menyebabkan noda pada gigi. Tidak hanya mengkonsumsi buahnya secara langsung, makanan dari olahan buah tersebut juga dapat menyebabkan gigi menguning. Buah-buahan yang meninggalkan noda pada gigi antara lain buah delima, anggur, ceri, blueberry, blackberry, dan cranberry.

4. Menghindari Konsumsi Permen
Selain permen memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dan menyebabkan gigi berlubang, permen juga membuat gigi menjadi berwarna kuning. Hal ini disebabkan oleh adanya pewarna yang digunakan dalam pembuatan permen. Ciri-ciri permen yang membuat gigi menguning adalah permen yang meninggalkan warna pula pada lidah.

5. Menggosok Gigi Dengan Benar
Sikat gigilah sesuai dengan anjuran dokter gigi yaitu dua kali sehari pada saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Selain itu lakukanlah flossing secara rutin sehingga noda-noda sisa makanan dan minuman tidak akan bertahan lama di gigi anda.

Baca Juga:

Demikianlah cara yang harus anda ikuti jika anda tidak ingin memiliki gigi kuning. Cukup mudah dan simple bukan?

Ketahui 5 Cara Sehat Mencegah Gigi Menguning Rating: 4.5 Posted By: Arwana Pratama

0 komentar:

Post a Comment

 
Advertisement