Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat – Sariawan bukanlah jenis penyakit yang berbahaya namun jika seseorang terkena sariawan dapat menurunkan napsu makan seketika. Tidak peduli makanan seenak apapun akan terasa hambar karena keadaan mulut sedang tidak baik. Apalagi jika mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam akan membuat keadaan sariawan menjadi sangat perih. Sariawan atau dalam istilah medis disebut stomatitis aftosa merupakan gangguan yang menyebabkan luka pada selaput mulut berwarna putih ataupun kekuningan.

cara mengobati sariawan

Sariawan tidak mengenal penderitanya, siapapun bisa terkena sariawan. Sariawan akan menyebabkan aktivitas menjadi terganggu karena rasa sakit yang ditimbulkan apalagi pada saat mengunyah maupun berbicara. Sariawan yang muncul pada mulut selain karena tergigit juga karena tubuh kekurangan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B12, dan juga zat besi. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas juga bisa memicu munculnya sariawan. Sariawan dapat diobati dengan mudah asal anda tahu cara penanganannya. Berikut ini adalah cara mengobati sariawan dengan cepat.

Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat

1. Menggunakan Daun Basil
Daun basil biasanya banyak digunakan untuk menambah aroma pada masakan, tetapi daun ini juga berfungsi untuk mengobati sariawan. Untuk membuar ramuan tradisional untuk mengobati sariawan, rebuslah beberapa lembar daun basil dan gunakan air rebusan daun basil tersebut untuk berkumur. Lakukan secara rutin untuk membuat sariawan menjadi cepat mengering.

2. Menggunakan Kelapa
Kelapa merupakan buah yang memiliki berbagai macam manfaat, selain digunakan untuk membuat rasa masakan menjadi guruih, kelapa juga mampu mengobati sariawan dengan cepat. Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa murni sebagai obat sariawan. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak tersebut pada sariawan. Selain itu kunyahlah kelapa yang sudah dikeringkan untuk mengurangi rasa perih juga peradangan.

3. Menggunakan Air Garam
Untuk dapat meredakan rasa perih pada sariawan dengan cepat anda dapat berkumur dengan air garam. Campurlah satu sendok makan garam dengan air, lalu aduk garam tersebut hingga larut. Berkumurlah secara rutin untuk menyembuhkan sariawan. Dengan berkumur menggunakan air garam, bakteri yang menyebabkan sariawan akan mati. Baca selengkapnya : Manfaat air garam

4. Menggunakan Kunyit
Kunyit merupakan rimpang yang selain bermanfaat untuk memasak ataupun sebagai pewarna alami pada makanan juga mampu mengobati sariawan. Cara membuat ramuan penyembuh sariawan anda dapat menyeduh irisan kunyit dengan air panas dan gunakan untuk berkumur. Selain itu anda dapat menggunakan kunyit bubuk yang dicampur air agar berbentuk pasta. Oleskan pada sariawan yang akan membuat bakteri kabur karena kunyit memiliki kandungan antibakteri alami.

5. Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih selain kegunaannya untuk melezatkan masakan juga memiliki kandungan antivirus dan juga antibakteri. Dengan pengobatan sariawan menggunakan bawang putih akan membuat sariawan menjadi lebih cepat sembuh. Caranya adalah memotong bawang putih menjadi irisan tipis kemudian tempelkan pada sariawan selama 1 menit. Kemudian diamkan beberapa saat dan bersihkan dengan air.


Itulah cara mengobati sariawan secara alami dan juga cepat. Semoga informasi ini membantu dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulut.

Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat Rating: 4.5 Posted By: Arwana Pratama

2 komentar:

  1. Untuk yang menggunakan bawang putih, cukup satu kali atau berulang-ulang mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menggunakan bawang putih, tempelkan seperlunya saja mas.

      Delete

 
Advertisement