Berbagai Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan - Apel termasuk dalam buah yang memiliki warna dan bentuk menarik, serta rasa yang enak juga. Tentu sebagian besar orang sudah mengenal dan tak asing lagi jika melihat buah ini, dan memang mereka sudah tentu mengerti bahwa buah apel ini sehat. Namun, apakah sudah mengerti apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Buah apel sendiri terdiri dari beberapa jenis dengan warna yang berbeda, beberapa ada yang impor, dengan ukuran buahnya yang cukup besar dan berbeda rasanya, bahkan daging buahnya pun terkadang memiliki rasa yang berbeda juga.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari buah apel ini, Anda dapat membelinya dengan mudah, karena banyak penjual buah-buahan yang menyediakan buah ini. Bahkan, buah ini hampir selalu ada setiap waktu, karena tidak musiman. Anda dapat menemukan buah apel dengan mudah mulai dari supermarket, minimarket bahkan hingga pasar tradisional. Namun, tentu saja, jika Anda mencari buah apel yang impor dan berkualitas bagus, lebih baik mencarinya langsung di supermarket. Buah apel bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan vitamin di dalamnya, selain itu buah ini juga kaya akan serat, yang baik untuk pencernaan Anda. Jika Anda masih penasaran, mari baca kelanjutan pembahasan manfaat buah apel di bawah ini.

manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh


Kandungan Gizi Buah Apel

Kandungan zat gizi dan nutrisi dalam setiap 100 gram buah apel segar dapat anda lihat rinciannya di bawah ini :
  • Energi 52 Kcal
  • Gula10,4 gram
  • Serat 2,4 gram
  • Lemak 0,17 gram
  • Protein 0,26 gram
  • Air 85,6 gram
  • Vitamin B 0,8 mg
  • Vitamin C 4,6 mg
  • Vitamin E 0,18 mg
  • Vitamin K 0,22 mg
  • Kalsium 6 mg
  • Besi 0,12 mg
  • Magnesium 5 mg
  • Mangan 0,035 mg
  • Fosfor 11 mg
  • Potasium 107 mg

Manfaat Buah Apel Hijau

Buah apel termasuk dalam kategori buah-buahan yang merupakan satu family dengan Roseceae atau keluarga bunga mawar. Dan pada umumnya, memang buah apek memiliki warna kulit yang memerah pada waktu sudah masak, namun ada juga jenis buah apel yang walaupun sudah masak warnanya bukanlah merah melainkan berwarna hijau. Walaupun sudah matang, buah apel juga tetap akan memiliki daging yang keras namun kulit buah yang lunak. Jika Anda pernah berkunjung ke daerah Malang atau beberapa daerah lainnya, terdapat buah apel yang asli daerah tersebut dan memiliki warna kulit hijau, jadi berbeda dengan apel impor. Apel berwarna hijau ini juga dikenal dengan sebutan apel manalagi.

Nah, sekarang apakah berbeda manfaat dari buah apel berwarna hijau dengan yang berwarna merah? Secara garis besar, sebenarnya manfaatnya sama saja, bahkan kandungan vitaminnya juga sama, karena masih sama-sama jenis apel. Namun, mungkin yang menjadi perbedaan adalah ukuran, warna dan rasanya. Apel hijau sendiri mempunyai manfaat dalam membantu menyembuhkan penyakit sembelit dan diare, karena kaya akan serat.

Buah apel berwarna hijau juga bisa membantu meningkatkan kecantikan dan mencegah seseorang terserang penyakit kanker yang mematikan. Sebagai peningkat kecantikan, caranya dengan menjadikan buah apel hijau ini sebagai masker wajah. Dengan menggunakan apel hijau sebagai bahan dasar masker wajah, akan dapat membantu menghilangkan jerawat, noda hitam dan juga masalah kerutan di wajah Anda.

Buah Apel Untuk Pencernaan Sehat

Buah apel dapat mencegah terjadinya penyakit di sistem pencernaan manusia, contohnya diare dan juga konstipasi. Walaupun begitu, bagi Anda yang sakit maag sebaiknya menghindari memakan buah apel terlalu banyak, karena ada rasa kecutnya yang bisa mengakibatkan penyakit maag bertambah parah. Kembali mengenai manfaat buah apel bagi sistem pencernaan, dengan kandungan airnya yang cukup banyak, buah apel dapat membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam usus Anda. 

Baca Juga:

Demikianlah info tentang manfaat buah apel untuk kesehatan manusia, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang manfaat-manfaat buah.

Masukan Email Anda agar dapat kiriman artikel kesehatan gratis langsung ke Email Anda:

2 Responses to "Berbagai Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan"

  1. Lebih baik pepaya atau apel untuk mengatasai masalah pencernaan mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedua buah tersebut baik untuk masalah pencernaan mas, karena buah pepaya maupun apel sama-sama memiliki kandungan air yang tinggi.

      Delete