Beberapa Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh - Sup akan terasa tidak lengkap jika tidak menggunakan tomat. Tomat memberikan rasa asam pada masakan serta membuat kuah sup terasa lebih segar. Tomat juga sering dijadikan bahan campuran untuk menciptakan rasa asam pedas pada sambal. Selain itu, tomat juga bisa dijadikan sebagai jus. Jus tomat sudah terasa manis sehingga tak perlu lagi dicampur dengan gula.

Buah tomat diproduksi oleh sejenis tanaman merambat yang berasal dari Amerika Selatan. Orang-orang Inca sudah sejak lama membudidayakan tanaman ini di daerah yang sekarang menjadi negara Peru. Tomat menjadi terkenal di seluruh penjuru dunia setelah disebarkan oleh bangsa Spanyol yang mengkoloni daerah ini. Kini, kita bisa menemukan buah tomat dalam berbagai masakan sehari-hari. Orang juga mengenal buah tomat karena manfaat tomat bagi kesehatan tubuh yang sangat beragam.

manfaat tomat bagi kesehatan tubuh

Kandungan Gizi Buah Tomat

Tomat dikenal sebagai buah sumber vitamin C dan Likopen. Kedua zat ini merupakan asupan nutrisi yang harus dipenuhi oleh tubuh.

Kandungan Zat Gizi Per 100 Gram Tomat :
  • Energi28 Kcal
  • Gula 2,6 gram
  • Serat 1,2 gram
  • Lemak 0,2 gram
  • Protein 0,9 gram
  • Vitamin A 0.614 mg
  • Vitamin B 0,7 mg
  • Vitamin C 14 mg
  • Vitamin E 0,54 mg
  • Vitamin K 0,079 mg
  • Magnesium 11 mg
  • Mangan 0,11 mg
  • Fosfor 24 mg
  • Potasium 237 mg
  • Air 94,5 gram
  • Likopen 2,5 mg

Berbagai Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Likopen merupakan senyawa antioksidan ajaib dalam buah tomat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Disebut ajaib karena zat ini diketahui sangat efektif untuk melawan berbagai jenis gangguan kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, serta kerusakan kulit. Likopen dalam buah tomat merupakan zat yang cukup unik, kandungan senyawa ini justru akan meningkat tiga kali lipat saat buah tomat dimasak atau dipanaskan.

Berikut adalah uraian selengkapnya mengenai manfaat buah tomat.

1. Baik Untuk Kulit
Kandungan vitamin C dalam buah tomat berfungsi untuk membuat kulit menjadi awet muda dan terhindar dari kerutan. Buah tomat juga mengandung likopen, yaitu senyawa antioksidan yang terbukti sangat ampuh untuk menjaga kulit tetap cantik dan sehat. Likopen berfungsi untuk meningkatkan ketahanan kulit dari bahaya sinar UV yang dihasilkan matahari. Sinar UV sendiri merupakan salah satu penyebab utama masalah kulit seperti kulit kusam, berminyak, pori-pori besar, dan penuaan dini.

2. Mencegah Diabetes
Meskipun terasa manis, buah tomat sama sekali tidak akan meningkatkan kadar gula dan kolesterol dalam darah yang menjadi penyebab utama diabetes. Buah tomat justru diketahui dapat meredakan stress oksidativ pada orang yang sudah menderita diabetes. Selain itu, buah tomat juga mengandung vitamin B3 (niacin) yang diketahui dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Selain berfungsi untuk mengontrol kadar kolesterol jahat yang dapat membahayakan jantung, buah tomat juga mengandung vitamin B6 (pridoksin) yang berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah serta menghindarkan dinding pembuluh darah dari penyumbatan akibat lemak. Tomat juga mengandung mineral potasium (kalium) yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

3. Baik Untuk Perokok
Mengkonsumsi tomat mentah merupakan salah satu bentuk terapi yang dianjurkan untuk mengatasi kecanduan rokok. Kandungan asam klorogenat dalam buah ini terbukti dapat mengurangi ketergantungan seseorang terhadap tembakau. Selain itu, tomat juga diketahui dapat mencegah kanker paru-paru. Buah ini mengandung likopen dan aneka macam antioksidan lain yang berfungsi untuk melawan zat karsinogen penyebab kanker.

4. Meningkatkan Mood
Mengkonsumsi buah tomat sangat baik untuk kesehatan psikis anda. Buah ini mengandung asam folat yang berfungsi untuk melancarkan produksi hormon serotonin pada otak. Serotonin sering disebut sebagai hormon kebahagiaan karena berfungsi untuk memberikan rasa tenang dan nyaman pada pikiran.

5. Menjaga Kesehatan Rambut
Vitamin A selama ini dikenal sebagai zat yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Namun selain itu, vitamin A juga diketahui dapat bermanfaat untuk menjaga rambut tetap sehat. Mengkonsumsi buah tomat akan mencegah rambut anda dari kerontokan dan rambut kusam.

6. Mencegah Kanker Prostat
Penelitian menunjukkan bahwa manfaat tomat bagi kesehatan selain berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, kandungan likopen dalam tomat juga memiliki manfaat untuk mengurangi resiko kanker prostat pada pria.

Baca Juga:

Demikian artikel terkait beberapa manfaat dan khasiat tomat bagi kesehatan tubuh yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda untuk hidup lebih sehat.

Beberapa Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Posted By: Arwana Pratama

0 komentar:

Post a Comment

 
Advertisement