Tips Memilih Produk Pemutih yang Aman Untuk Kulit

Tips Memilih Produk Pemutih yang Aman Untuk Kulit - Banyak pendapat yang mengatakan bahwa wanita cantik adalah wanita yang memiliki tubuh dengan kulit putih mulus. Padahal kebanyakan wanita Indonesia memiliki kulit yang berwarna kecoklatan ataupun kuning langsat. Oleh karena itulah banyak wanita Indonesia yang berusaha untuk memutihkan kulit mereka baik menggunakan produk kosmetik maupun dengan cara tradisional. Sebenarnya anggapan bahwa wanita cantik adalah yang memiliki kulit putih mulus itu tidaklah sepenuhnya benar. Di negara-negara luar mereka malah menganggap bahwa wanita yang cantik adalah wanita yang memiliki kulit kecoklatan.

Wanita cantik adalah wanita yang mampu menjaga kesehatan kulitnya, tak perduli apa warna kulitnya. Tapi jika kamu ingin memiliki kulit yang putih serta mulus, anda harus hati-hati dalam memilih pemutih kulit. Apalagi sekarang banyak sekali iklan yang menawarkan produk pemutih mulai dari sabun, handbody, krim wajah dan sebagainya, semua itu menjanjikan kulit putih dalam waktu singkat. Salah memilih produk bisa membuat kulit anda iritasi, gatal-gatal, warna kulit menjadi tidak merata hingga bisa menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu anda harus selektif dalam memilih produk ini.

memilih produk pemutih kulit

Memutihkan kulit dengan cara tradisional adalah cara yang paling aman. Salah satunya dengan menggunakan lulur yang sejak dulu dipercaya dapat membuat kulit putih dan mulus. Jika anda malas membuat lulur sendiri anda bisa membeli lulur yang telah siap pakai baik dalam bentuk cair maupun dalam bentuk bubuk. Jika ingin menggunakan produk perawatan yang ada dipasaran, pilihlah produk-produk yang berbahan dasar alami seperti arbutin, licorice, white mulberry, apha hydroxyl acid atau yang sering disebut dengan zat AHA, atau juga BHA (beta hydroxcyl acid). Semua bahan-bahan itu bisa anda baca dikemasan produk-produk pemutih kulit yang akan anda pilih.

Hindarilah memilih produk yang mengandung merkuri, resolsinol, asam retinoat dan hydroquinone. Merkuri memang cepat menghilangkan noda dan membuat kulit anda lebih putih dengan cepat, tapi penggunakan bahan ini bisa berbahaya karena bisa meracuni sistem saraf dan ginjal. Sedangkan hydroquinone dapat membuat iritasi pada kulit sehingga kulit serasa terbakar selain itu zat ini juga akan membuat efek ketergantungan. Bila kita berhenti memakai kosmetik yang mengandung zat berbahaya ini, maka noda atau flek-flek yang sudah hilang akan timbul kembali. Asam retinoat juga bisa membuat kulit menjadi iritasi.

Lalu bagai mana cara kita mengenali produk itu berbahaya atau tidak? Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui produk yang kita gunakan menggunakan zat kimia berbahaya atau tidak, antara lain dengan cara:

  • Kosmetik berbahaya dapat mengubah kulit menjadi lebih putih dalam waktu yang sangat singkat. Makin tinggi kadar merkuri yang terkandung dalam produk tersebut maka makin cepat pula kulit menjadi putih
  • Produk berbahaya jika digunakan pada kulit maka akan terasa panas, gatal dan iritasi
  • Produk tersebut memberi efek ketergantungan
  • Warna putih yang dihasilkan dari menggunakan produk tersebut tidak selayaknya kulit putih alami, tapi lebih ke putih pucat
  • Warna krim terlihat lebih mengkilap dan baunya lebih menyengat
  • Krim terasa lengket dan tidak tercampur rata, jika dibiarkan minyak akan terpisah dengan bagian yang padat
  • Tidak memiliki izin BPOM
Baca Juga:

Oleh karena itu lebih berhati-hatilah sebelum memilih produk pemutih untuk kulit. Bacalah terlebih dahulu komposisi bahan yang digunakan, pastikan produk yang akan digunakan telah terdaftar di BPOM, gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit dan sebelum memakainya pada bagian wajah cobalah mengoleskan sedikit produk tersebut dipergelangan tangan anda jika tidak terasa gatal maka produk tersebut aman untuk anda.

Tips Memilih Produk Pemutih yang Aman Untuk Kulit Rating: 4.5 Posted By: Arwana Pratama

0 komentar:

Post a Comment

 
Advertisement