Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami – Rambut memang mahkota, khususnya bagi sebagian besar wanita. Oleh karenanya, perawatan rambut menjadi hal yang paling diperhatikan. Termasuk perawatan rambut rontok. Sebenarnya, kerontokan rambut seperti ini adalah hal yang wajar, karena menurut penelitian, rambut kita akan mengalami kerontokan paling tidak 40 hingga 120 helai. Untuk anda ketahui bahwa jumlah rambut kita bisa mencapai 100 ribu helai. Tentu bukan suatu perbandingan yang cukup besar. Namun, tetap saja, kerontokan rambut tidak bisa di abaikan begitu saja.

Pertumbuhan rambut sebenarnya terdiri dari tiga fase. Sama seperti fase fase lainnya yang terjadi dalam tubuh kita, pertumbuhan rambut terdiri dari fase pertumbuhan, fase istirahat, dan yang terakhir adalah fase perontokan. Fase ini terjadi secara berulang ulang, artinya, setelah fase perontokan, selanjutnya rambut kita akan kembali tubuh seperti pada fase pertama.

merawat rambut rontok

Namun, jika kerontokan yang terjadi sudah parah, maka anda harus segera mengetahui penyebab rambut rontok tersebut, dan juga anda harus mengetahui bagaimana cara merawat rambut rontok tersebut. Tentu saja banyak faktor yang mungkin menjadi penyebab terjadinya rambut rontok. Misalnya saja polusi, karena sinar matahari, kekurangan hormon, stress, atau bisa juga karena anda terlalu banyak menggunakan produk berbahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan rambut anda.

Cara Merawat Rambut Rontok

Jika anda sudah mengetahui penyebab terjadinya rambut rontok tersebut, maka dengan segera anda akan bisa mengatasi masalah ini. Di sini saya akan berbagi informasi kepada anda tentang cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan bahan alami. Sehingga anda bebas dari efek samping yang berbahaya, dan tentu biaya yang di keluarkan juga lebih murah.

Berikut adalah bahan bahan alami yang bisa anda gunakan untuk merawat rambut rontok :

1. Menggunakan Buah Alpukat
Buah alpukat kaya akan kandungan protein yang sangat baik untuk perawatan rambut. Buah alpukat dapat anda gunakan sebagai masker rambut. Manfaat yang bisa anda dapatkan jika menggunakan alpukat yaitu rambut anda akan menjadi kuat. Selain itu, buah alpukat juga mampu merangsang pertumbuhan rambut anda. Cara menggunakan buah alpukat untuk perawatan rambut adalah cukup dengan menghaluskan buah alpukatnya, lalu oleskan pada rambut hingga kulit kepala anda. Diamkan sekitar 20 menit, lalu anda bilas dengan menggunakan shampo hingga bersih.

2. Menggunakan Yogurt
Yogurt, selain enak di makan, ternyata sangat bermanfaat untuk perawatan rambut. Caranya pun sangat mudah. Anda tinggal mengambil beberapa bagian yogurt, lalu oleskan pada rambut hingga kulit kepala. Kemudian diamkan sekitar 10 hingga 15 menit, lalu bilaslah dengan shampo hingga bersih. Lakukan cara ini setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Maka lama kelamaan anda akan merasakan manfaatnya.

3. Menggunakan Lidah Buaya
Sejak dahulu lidah buaya sudah terkenal baik untuk perawatan rambut. Sehingga tidaklah heran jika lidah buaya sudah banyak digunakan untuk membuat shampo. Kandungan yang terdapat pada lidah buaya dapat merangsang pertumbuhan rambut. Oleh karenanya, lidah buaya sangat cocok digunakan untuk merawat rambut rontok. Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan lendir yang terdapat pada lidah buaya tersebut pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan sekitar 15 menit. Lakukan cara ini paling tidak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

4. Menggunakan Kemiri
Waktu anda masih kecil, mungkin anda pernah menggunakan minyak kemiri untuk perawatan rambut anda. Memang kandungan minyak yang terdapat pada kemiri sangat baik untuk membuat rambut anda menjadi lebih hitam dan lebih kuat. Sehingga, kemiri menjadi salah satu pilihan bagi anda untuk mengatasi rambut rontok. Cara menggunakannya adalah dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk hingga halus. Nanti kemiri tersebut akan mengeluarkan minyak. Selanjutnya minyak inilah yang anda oleskan pada rambut anda. Lakukanlah secara rutin jika anda benar benar ingin merasakan manfaatnya.

5. Menggunakan Minyak Esensial
Banyak jenis minyak esensial yang dapat memberikan manfaat banyak untuk kesehatan rambut anda. Beberapa di antaranya yaitu minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak kelapa. Ini adalah cara yang paling sederhana, karena anda cukup mengoleskan saja minyak esensial ini pada rambut dan kulit kepala anda. Kemudian lakukan secara rutin beberapa kali dalam seminggu.

Baca Juga:

Nah, itulah cara merawat rambut rontok secara alami. Tentu masih banyak bahan alami lainnya yang bisa anda gunakan untuk merawat rambut rontok. Pada dasarnya bahan bahan alami sangatlah efektif untuk merawat rambut rontok, anda hanya perlu melakukannya secara rutin jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Masukan Email Anda agar dapat kiriman artikel kesehatan gratis langsung ke Email Anda:

2 Responses to "Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami"