Mengapa Kita Tak Punya Ingatan Masa Balita?

Mengapa Kita Tak Punya Ingatan Masa Balita? - Terkadang kita akan berpikir kenapa kita tidak ingat apa-apa di dalam masa balita, dan tentunya semua itu pasti ada penyebabnya. Nah, untuk mengetahui penyebabnya anda perlu membaca artikel ini, di mana kebanyakan dari kita pasti tidak akan bisa mengingat kehidupan di usia 4 tahun pertama, bahkan terkadang kita hanya mengingat sedikit saja tentang masa-masa sebelum usia 7 tahun, dan saat kita terus mencoba untuk mengingat kehidupan awal sebagai seorang berita, terkadang juga tidak jelas apakah itu kejadian nyata atau kita hanya mengumpulkan kembali apa yang diceritakan orang lain tentang kita atau dari foto-foto terdahulu.

ingatan saat balita

Itulah yang membuat kita seakan baru hidup saat umur kita sudah menginjak 10 tahun, memang hal itu tidaklah suatu hal yang aneh atau dapat dikatakan sebagai suatu hal yang wajar, akan tetapi terkadang anda penasaran dengan hal itu. Nah, untuk mengetahuinya anda perlu membaca dibawah ini, dan anda pasti tidak asing lagi dari salah satu penyakit yaitu penyakit Amnesia.

Penyakit Amnesia atau hilang Ingatan, merupakan istilah yang digunakan saat seseorang tidak bisa mengingat informasi, pengalaman atau kejadian tertentu. Kondisi seperti ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau semakin parah secara perlahan-lahan, dengan begitu saat kita tidak bisa mengingat masa kecil kita itu juga bisa disebut sebagai "Amnesia masa kecil".  Memang sudah banyak sekali ilmuwan yang berusaha untuk memecahkan misteri seperti ini dan sampai saat ini belum ada penjelasannya, dengan begitu bisa kita simpulkan jika hal seperti ini pasti akan dirasakan oleh semua orang.

Ada suatu teori-teori yang telah menyebutkan ketika kita tidak bisa mengingat masa kecil dan balita hal tersebut dikarenakan di usia ini memang belum terbentuk memori yang utuh, seperti halnya bayi berusia 6 bulan yang hanya memiliki memori jangka pendek, dengan begitu teori itu masih mengambang atau masih tidak bisa dijelaskan dengan sedetail-detail nya. Dimana ingatan pada bayi hanya bertahan 1 menit, dan dalam jangka panjang hanya dalam hitungan minggu atau bulan, serta dalam sebuah penelitian juga mengatakan jika bayi yang berumur 6 bulan yang belajar bagaimana menekan pengungkit mainan kereta-keretaan akan dapat mengingat lagi cara kerja mainan ini 3 minggu kemudian. Dan bukan hanya itu saja, pada anak usia sekolah mereka bisa mengingat kejadian 1 tahun sebelumnya. Akan tetapi masih diperdebatkan Apakah memori jangka panjang di usia dini Memang sesuatu yang terkait dengan waktu dan tempat secara akurat atau tidak. Belum ada yang memastikan.

Dalam dunia kesehatan sudah menyimpulkan jika memori pada anak berusia 3 tahun memang tidak seperti pada orang dewasa karena memori pada anak masih terus berkembang, dan dari perubahan-perubahan pada masa perkembangan organ tubuhnya dan pada otaknya itulah yang mungkin dapat  menjelaskan mengapa ingatan masa kecil menghilang.

Faktor bahasa juga sangat berperan dalam perkembangannya. Dimana saat di usia 1 sampai 6 tahun anak-anak akan mengalami perkembangan bahasa yang sanga pesat, dari 12 kata menjadi sangat fasih berbicara. Perkembangan pesat itu tergantung pada kemampuan verbal yang di tumpang tindih dengan periode amnesia masa kecil.

Baca Juga: Mengapa ASI Jauh Lebih Baik dari Susu Formula?

Dengan berbagai macam teori itu lah yang dapat kita simpulkan jika kemampuan daya ingat di masa kecil masih belum stabil atau masih berkembang sehingga hal itulah yang membuat kita tidak bisa mengingat masa-masa balita kita.

Demikian artikel kami mengenai Mengapa Kita Tak Punya Ingatan Masa Balita?. Semoga dapat bermanfaat dan semoga bisa menambah pengetahuan anda.

Labels: