Mengapa Warna Gigi Tak Lagi Putih?

Mengapa Warna Gigi Tak Lagi Putih? - Gigi merupakan salah satu icon yang sangat penting bagi semua orang, dimana gigi inilah yang berguna untuk mengunyah makanan serta dengan fungsinya untuk mengunyah makanan itulah yang membuat gigi  mudah terkena berbagai macam penyakit, sehingga menyikat gigi sangatlah penting untuk dilakukan setiap hari agar berbagai macam makanan-makanan yang menempel di gigi dapat dihilangkan, sehingga tidak akan menimbulkan pertumbuhan kuman- kuman yang dapat membuat gigi menjadi berlubang, dan terkadang bayak juga orang yang mengalami masalah gigi yang lain seperti halnya kehilangan warna Cemerlang digigi.

gigi kuning


Ada banyak sekali berbagai macam penyebab yang bisa mempengaruhi warna gigi menjadi tidak putih lagi hingga berubah menjadi kekuningan seperti halnya sering minum teh dan kopi, dimana pigmen warna yang kuat dari makanan tersebut akan menempel pada bagian luar gigi atau enamel. Dan enamel itulah yang akan berperan dalam pembentukan warna serta menjaga kestabilan dan kekuatan di dalam gigi tersebut, selain minum teh dan kopi, merokok juga dapat menyebabkan gigi berubah warna, hal ini dikarenakan zat-zat kimia dalam rokok bisa menghasilkan noda pada gigi yaitu tar dan nikotin. Dimana tar sendiri secara alami berwarna hitam dan nikotin walaupun tidak berwarna akan tetapi zat ini akan berubah warna, jika tercampur dengan oksigen dan lama-kelamaan kedua zat tersebut akan mengubah warna gigi menjadi kekuningan tanpa kita sadari.

Selain itu penyebab lain dari Gigi menjadi kuning adalah kuman pada mulut, di mana warna gigi dapat berubah karena reaksi kuman itu dengan melapisi dentin dengan lapisan yang lebih gelap di bawah enamel,  dan buat anda yang sering mengkonsumsi berbagai obat-obatan juga dapat memicu timbulnya warna gigi menjadi kekuningan, hal ini terjadi karena efek samping dari konsumsi obat-obatan seperti hanya obat hipertensi, obat alergi atau antipsikotik. Selain itu kemoterapi dan radiasi pada kepala dan leher juga dapat menggelapkan warna gigi, dan lebih jelasnya anda bisa membaca di bawah ini, yaitu berbagai macam penyebab gigi menjadi tidak putih lagi :

  1. Terlalu banyak minum lemon, di mana asam yang terkandung di buah lemon dapat mengikis gigi dan membuat nya berubah warna menjadi kekuningan. 
  2. Hati-hatilah dengan kandungan gula dan sport drink, karena kedua makanan tersebut akan bisa membuat gigi menguning. 
  3. Minum white wine sebelum makan pasta, seperti membuka pori-pori di gigi, maka dari itu anda tidak perlu melakukan hal ini. 
  4. Green juice dan smoothies juga tidak baik untuk kesehatan gigi anda, karena akan meninggalkan noda di baju dan berlaku sama pada gigi. 
  5. Kafein dalam kopi atau teh juga bisa membuat gigi menjadi kuning.

Dan terkadang jika seseorang memiliki warna gigi yang tidak putih dan cemerlang, pasti mereka akan mencoba berbagai cara untuk mengembalikan warna gigi yang hilang, akan tetapi terkadang hal itu akan berdampak buruk bagi kesehatannya karena pengaruh dari berbagai bahan-bahan itu sendiri.  Nah, maka dari itu anda bisa menggunakan berbagai bahan-bahan alami yang tentunya akan baik untuk kesehatan anda tetapi tidak akan meninggalkan efek samping, seperti halnya menggunakan kulit jeruk, yaitu anda bisa menggunakannya dengan cara menggunakan sisi putih atau bagian dalam kulit jeruk, kemudian oleskan pada gigi anda selama beberapa kali sehari, sehingga gigi anda akan tampak menjadi lebih putih, akan tetapi karena jeruk mengandung vitamin C maka gigi akan lebih sensitif terhadap cara tersebut sehingga anda diharuskan untuk tidak menggunakan cara ini setiap hari, gunakan saja saat diperlukan. Selain kulit jeruk anda juga bisa menggunakan berbagai bahan-bahan alami yang lainnya seperti buah lemon, air garam, air daun sirih dan berbagai bahan alami yang lainnya.

Demikian artikel kami mengenai Mengapa Warna Gigi Tak Lagi Putih?. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Labels: ,