Ini Alasannya Bayi Tidak Boleh Minum Air Putih

Alasannya Bayi Tak Boleh Minum Air Putih - ASI merupakan suatu asupan yang penting yang dibutuhkan oleh si bayi, sehingga ASI ini sangat perlu diberikan seorang ibu kepada anaknya yang baru lahir. ASI mengandung berbagai macam nutrisi vitamin dan kandungan yang baik untuk pertumbuhan bayi.

Demi pertumbuhan dan perkembangan bayi, pemberian ASI memang perlu karena merupakan asupan penting yang dibutuhkan oleh si bayi, saat anda memberikan asupan ASI kepada bayi anda, sebaiknya anda juga tidak memberikan air putih kepada bayi hingga umurnya mencapai 6 bulan seperti yang sudah dituturkan oleh badan organisme kesehatan dunia atau WHO.

Air putih memang berfungsi untuk mencegah tubuh dari dehidrasi, akan tetapi hal ini tidak berlaku pada bayi, sehingga sangat disarankan sekali untuk tidak memberikan air putih kepada sang buah hati, lebih baik jika anda memberikan ASI eksklusif  dan tidak menambahkan air karena dapat membahayakan buah hati anda. Anda pasti penasaran dengan hal ini, untuk menemukan jawabannya anda bisa membaca artikel kami ini, karena kali ini kami akan memberi pengetahuan pada anda mengenai air putih yang tidak boleh diminum atau diberikan pada bayi.

alasan bayi tidak boleh minum air putih

Lantas apa yang membuat pemberian air putih kepada bayi menjadi pantangan bagi para bayi tersebut? Serta apakah pemberian air putih bukannya tidak berbeda jauh dengan ASI? Dan mengapa air putih tidak diperbolehkan? Pasti banyak dari anda yang memiliki pertanyaan-pertanyaan seperti itu, dengan begitu dari adanya berbagai alasan yang cukup menjadi bukti terkait pola asuh terhadap si buah hati harus selalu diperhatikan secara cermat dan tepat, sehingga berbagai gangguan atau masalah yang seharusnya tidak boleh diberikan dapat dihindari.

Baca Juga: 5 Makanan Terburuk untuk Bayi yang Harus Dihindari

ASI merupakan jawaban dari seluruh nutrisi yang dibutuhkan bayi, dimana ASI memiliki fungsi yang sama dengan air putih, akan tetapi ASI ini sangat dianjurkan untuk diberikan pada buah hati, berbeda halnya dengan air putih yang tidak boleh diberikan pada buah hati, jika anda tetap ingin memberikan air putih pada anak anda, pasti akan berdampak buruk bagi kesehatannya. Seperti halnya jika kelebihan air di perutnya, akan menyebabkan bayi kehilangan nutrisi penting dari ASI. Kondisi ini juga menyebabkan bayi lebih cepat kenyang dan minum ASI lebih sedikit dengan begitu pasti akan sangat terganggu kenyamanan organ tubuh si kecil.

Akan tetapi masih saja banyak ibu atau orang tua yang masih tetap saja memberikan air putih pada bayi, seperti contohnya setelah makan. Padahal hal ini sangat tidak dianjurkan karena bayi belum waktunya mengkonsumsi air putih, bisa saja dengan hal ini akan berakibat pada pencernaan bayi yang kurang baik dan tidak lancar.

Baca Juga: 6 Kandungan dan Manfaat ASI yang Menakjubkan

Air putih merupakan salah satu minuman yang memiliki berbagai macam kandungan seperti halnya mikroorganisme, mineral dan lainnya, yang juga dapat merusak sistem pencernaan bayi, bukan hanya itu saja air putih ini juga dapat merusak bakteri baik dari sistem pencernaan, dan jika air putih diberikan berlebihan, bayi sangat mungkin mengalami ketidakseimbangan elektrolit dan mengakibatkan sakit. Hal tersebut tersebut dikarenakan kondisi  pencernaan bayi yang baru bisa menerima makanan pada usia sekitar 6 bulan.

Sebaiknya anda tetap memberikan ASI hingga usia 6 bulan atau lebih, agar nutrisi anak tetap terpenuhi dengan baik.

Demikian artikel kami mengenai Ini Alasannya Bayi Tak Boleh Minum Air Putih. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Labels: ,