6 Kandungan dan Manfaat ASI yang Menakjubkan

Kandungan dan Manfaat ASI yang Menakjubkan - Perkembangan seorang bayi pasti sangat tergantung dari pemberian ASI yang sangat efektif, dimana ASI ini merupakan makanan utama dalam menjaga perkembangannya. ASI juga harus diberikan secara eksklusif pada bayi sejak awal kelahiran hingga usia 2 tahun, ASI memiliki berbagai macam kandungan yang sangat baik untuk kesehatan sang buah hati, sehingga tidak heran jika ASI inilah yang dapat memenuhi gizi dari baik seorang bayi terutama di 6 bulan pertama sejak kelahiran, serta akan melindungi daya tahan tubuh.

kandungan dan manfaat asi

Anak mendapatkan ASI efektif lebih jarang sakit diri pada anak yang tidak diberi ASI, tentunya berbagai manfaat itu terpengaruh karena adanya kandungan yang sangat luar biasa di dalam ASI, jika anda belum mengetahui berbagai macam kandungan tersebut anda bisa membaca dibawah ini :

1. Mengandung Air 87,5%
Tahukah anda jika sebagian besar ASI mengandung air, bayi yang mendapat cukup ASI tidak perlu lagi mendapatkan tambahan air walaupun berada di tempat yang bersuhu panas, karena ASI ini sangat ampuh dalam menjaga kekebalan tubuh beserta akan menghindarkan dehidrasi pada diri bayi.

2. Kandungan Kolostrum
Kandungan kolostrum merupakan sebuah protein kekebalan yang hanya diproduksi 1 - 5 hari setelah melahirkan, terkadang kandungan ini sangat banyak sekali dan sangat disayangkan jika kolostrum sering dianggap sebagai sisa kehamilan yang harus dibuang, padahal kandungan kolostrum ini mengandung immunoglobulin yang tidak bisa tergantikan dengan apapun untuk tubuh sang bayi.

3. Kandungan Karbohidrat
Karbohidrat merupakan salah satu kandungan yang sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup, tanpa adanya karbohidrat seorang manusia akan mengalami kelelahan dan tidak  memiliki energy. Tahukah anda jika ASI juga memiliki karbohidrat, dimana karbohidrat utama dalam ASI merupakan laktosa yang berfungsi sebagai energi untuk otak bayi, bukan hanya itu saja, anak yang diberi ASI akan terhindar dari intoleransi seperti anak yang diberi susu formula, walaupun intoleransi di awal usia wajar karena proses pencernaan belum sempurna, tapi tetap saja kandungan ini tidak sebaik ASI alami.

4. Kandungan Protein 
Dimana kandungan protein yang terdapat pada ASI sangat penting dalam menjaga kesehatan bayi. Salah satunya yaitu kandungan protein dan kasein, dimana kandungan protein terbaik dari ASI lebih tinggi daripada susu formula, dan kasein sendiri lebih rendah sehingga mudah dicerna di dalam lambung bayi. Selain itu pada ASI juga mengandung asam amino taurine yang sangat penting untuk pertumbuhan usus sang buah hati, ada juga nukleotida yang memiliki fungsi untuk perkembangan usus. Dengan begitu saat memberikan ASI pada buah hati sama saja dengan menjaga kesehatan organ tubuhnya.

5. Kandungan Lemak 
Terkadang lemak ini hindari oleh banyak orang, akan tetapi anda juga harus tahu jika lemak juga sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh kita maupun kesehatan tubuh sang bayi.  Dan tahukah anda, jika kadar lemak di dalam ASI lebih tinggi daripada susu formula, lemak yang sangat penting memiliki fungsi sebagai perkembangan otak pada sang buah hati. Selain itu di dalam ASI juga terdapat berbagai macam zat penting seperti halnya DHA dan ARA, kedua kandungan ini sangat diperlukan dalam menjaga perkembangan otak.

6. Kandungan Carnitine 
Carnitine mempunyai peran penting dalam membantu proses pembentukan energy, yang sangat diperlukan untuk mempertahankan metabolisme di dalam tubuh. Anda harus tahu jika ASI mengandung berbagai macam vitamin seperti halnya vitamin yang berfungsi sebagai ketahanan sel darah merah, mengandung kalsium yang sangat baik untuk tulang bayi.

Baca Juga: Ini Penyebab Wanita Hamil Lahir Dengan Bayi Kepala Kecil

Demikian artikel kami mengenai Kandungan dan Manfaat ASI yang Menakjubkan. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Labels: , ,