Dahsyat! Khasiat Pohon Ini, Sangat Luar Biasa!

Lingkranilmu.com - ternyata indonesia tidak saja memiliki tanah yang subur, tapi juga mempunyai banyak jenis tanaman yang bisa untuk mengobati penyakit, ingin tahu tanaman apa saja ? yuk ikuti terus artikel ini.

Daerah tropis yang menjadi ciri khas negara indonesia sangat tepat untuk wisatawan mancanegara khususnya dari negara-negara Eropah, timur tengah dan negara lainya yang tidak memeliki apa yang dimiliki indonesia.

khasiat pohon yang luar biasa

Tanah di indonesia sangat subur

Tidak hanya pemandanganya yang indah luar biasa namun tanahnya bro... sangat subur. Coba bayangkan bro.. hanya sebatang kayu saja.. bisa jadi tanaman. Orang korea menanam padi, buah-buahan seperti memelihara anak orok yang baru lahir, biaya untuk sekali tanam sampai panen, sama saja seperti harga rumah di indonesia, susahnya setengah mati. Tapi kenapa ya negaranya lebih maju ketimbang indonesia ?

Sedikit perbandingan dengan korea

Kelebihan orang korea sangat pandai memanfaatkan waktu, tanah dan alam walaupun sangat minim. tanah satu petak dengan kondisi alam yang sangat tidak menguntungkan untuk tumbuhan bisa tumbuh dalam cuaca yang sangat dingin selama tiga bulan, dan musim semi selama tiga bulan juga belum bisa menghilangkan dinginya udara, begitu juga dengan musim gugur tiga bulan, baru musim panas tiga bulan.

Petani korea

Nah biasanya musim panas yang selama tiga bulan ini di manfaatkan untuk menanam padi, dan masa-masa musim dingin, musim semi, musim gugur di manfaatkan intuk menanam buah-buahan, itu juga harus memakan biaya yang sangat besar, karena tanaman kebanyakan tidak bisa tumbuh dengan alam yang sangat dingin.

Lahan rumah pelastik
 
Kalau kita perhatikan cara menanam pada musim dingin biasanya semua pekarangan atau lahan di tutup dengan plastik PE (plastik transparan) seperti layaknya rumah plastik dan di dalamnya di pasang penghangat dengan suhu tertentu dan pupuknya kebanyakan memakai kompos sampah atau kotoran ternak. Tapi hasilnya bro... sekali panen bisa buat beli mobil tiga. Coba bro.. bisa di perkirakan biayanya berapa untungnya berapa ?

Sementara di kita, yang tanahnya subur dengan sendirinya.. aneh.. ! petani kita termasuk dalam deretan penduduk paling bawah (miskin) di banding pedagang, pegawai, karyawan, dan lain sebagainya.

Pedagang dan karyawan di korea

Tapi ngomong-ngomong pedagang juga di korea tidak kalah keren di banding pedagang indonesia. Contohnya hanya pedagang kaki lima di sana mobilnya bisa sampai tiga, empat dan lima, setiap anggauta keluarga satu.

Karyawan juga tidak kalah makmur dengan karyawan yang ada di indonesia, setingkat karyawan pabrik di korea punya mobil sampai dua, tiga.apalgi pegawai negri !. kerja satu bulan tidak habis untuk makan lima bulan bro... lah di indonesia apa kabar ?

Kerja keras anti pembantu

Hebatnya lagi di korea walaupun penduduknya makmur, tidak ada pembantu rumah tangga seperti sopir, baby sister dan lain-lain. semuanya di kerjakan sendiri, tidak seperti orang indonesia merasa subur sedikit, apa-apa ngatur pengenya di layani dan tinggal tunjuk.

Selain itu ada juga tanaman satu-satunya yang menjadi andalan korea yaitu ginseng, padahal tidak jauh beda dengan jahe di indonesia. Kok kenapa lebih populer gingseng ya ? sampai mendunia.

Indonesia tanaman liar bermanfaat

Indonesia memang subur tapi kebanyakan orang indonesia tidak bisa memanfaatkan kesuburan tanah sebagai sumber modal untuk kemakmuran rakyatnya, contohnya adalah tanaman-tanaman liar yang tumbuh sangat banyak di sekitarkita, seperti alang-alang, bakau, bahkan benalu ini sangat banyak manfaatnya untuk di jadikan obat. Ingin tahu apa saja khasiatnya ? yuk ikuti terus artikel ini.

Berdasarkan penelitian bahwa tumbuhan-tumbuhan yang tumbuh secara liar sebagian besar mempunyai manfaat, bagaimana kita tahu bahwa tumbuhan itu bermanfaat ? temukan jawabanya dalam artikel lainya.

Adapun sebagian kecil tumbuhan liar di indonesia yang sudah di ketahui manfaatnya adalah sebagai berikut :

Macam-macam khasiat pohon sangat ampuh

Alang-Alang tokcer !

Seringkali tumbuh secara liar di lahan-lahan kosong, alang-alang yang punya nama ilmiah imperata cylindrica ini ternyata mampu menjadi obat mujarab.

Akar alang-alang mengandung arundonin, fernenol, silindrin, simiarenol, kampesterol, stigmasterol, beta-sitosterol, skopoletin, katerol, asam klorogenat, serta sejumlah besar kalsium.
Dengan sejumlah kandungan bahan kimia alami tersebut, akar alang-alang menyimpan beberapa khasiat seperti diuretik, penurunan panas, penenang saraf, dan sebagai penyejuk (astringen). Ak hanya itu, akar alang-alang juga berfungsi sebagai peluruh air seni, mengatasi demam dan juga panas dalam.

Bakau mantap !

Tak hanya berfungsi sbagai penahan erosi, tanaman yang juga memiliki tinggi sekitar 1-25 meter ini juga menyimpan manfaat obat yang tak pernah kita duga. Tumbuh liar dengan akar yang tak beraturan di wilayah hutan mangrove, daerah berlumpur, serta pesisir pantai dan sungai, bakau mengandung zat samak.

Kandungan tersebut membuatnya berhasiat untuk mengobati disentri, melangsingkan badan, menghentikan pendarahan, homeostasis dan anti septik. Bagian tanaman bakau yang bisa di gunakan sebagai obat adalah kulit batang dan daun.

Benalu JOSS !

Siapa saja, tanaman yang hidupnya selalu jadi parasit dengan menempel pada dahan pohon lain ini ternyata menyimpan manfaat sehat buat kita, benalu hidup tak memerlukan tanh, dia hidup dengan menempel pada pohon lain dan bahkan menyerap mineral dari pohon yang di tempelnya tersebut.
Benalu yang menempel pada tanaman tertentu seperti teh dapat di gunakan sebagai obat antikanker. Sedangkan benalu yang menempel pada pohon jeruk nipis dapat digunakan sebagai ramuan obat untuk membasmi amandel.

Jenis benalu pada umumnya dapat digunakan sbagai obat penyakit campak.hanya saja belum ada kajian ilmiah yang dilakukan untuk memastikan hal tersebut. Bagian benalu yang digunakan sebagai obat adalah batang.

Beluntas ces pleng !

Kenal beluntas ? ini merupakan tanaman yang semak yang tumbuh tegak dan bisa mencapai tinggi hingga 2 meter. Tanaman ini juga memiliki banyak cabang , memiliki rusuk yang halus dan daun memiliki bulu yang lembut.

Seluruh bagian tanaman beluntas ,baik dalam bentuk segar maupun dikeringkan dapat difungsikan sebagai obat. Beluntas mengandung alkoloid dan minyak atsiri , dan ekstara akarnya mengandung fraksi metano .daun beluntas dapat digunakan untuk menurunkan panas ,menyembuhkan radang dan antiluka .selain itu beluntas berkhasiat juga sebagi obat skabies ,tbc kelanjar leher ,menambah nafsu makan, membantu pencernaan , menghilangkan bau badan, mengatasi sakit pinggang, obat sakit perut, dan sebagai obat batuk.

Air rebusan dan batangnya dapat meredakan asma dan gangguan paru-paru lainya. Tak hanya itu beluntas juga dapat di fungsikan sebagai aromaterapi dan stimulan, serta campuran berendam air hangat.

Bakung Putih mak nyoss !

Bakung putih adalah tanaman berbatang basah, namun kuat. Tingginya bisa mencapai 1,25 meter dan biasanya tumbuh liar di hutan atau dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman ini hidup di daerah dengan ketinggian 700dpl terutama di lokasi yang teduh dan lembab.

Bagian tanaman yang digunakan adalah akar. Umbi lapis, daun dan biji, tanaman yang juga memiliki bunga berwarna putih yang indah ini mengandung alkaloid dan licorine (emitikum). Getah umbi lapisnya bersifat peluruh muntah. Akar bakau putih bersifat antiracun, dan daunya bersifat diuretik.
Dan saya rasa masih banyak lagi tumbuhan liar lainya yang bermanfaat, namun lagi-lagi terbentur dengan pengetahuan ! unutk mengetahuinya.

Bro.. sudah dulu ya nanti kita sambung lagi dalam artikel lainya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:
Semoga tulisan yang berjudul dahsyat ! khasiat pohon ini, sangat luar biasa bermanfaat.

Dahsyat! Khasiat Pohon Ini, Sangat Luar Biasa! Rating: 4.5 Posted By: Lingkaran Ilmu

0 komentar:

Post a Comment

 
Advertisement