Heboh! Cara Diet Anak Kecil Bernama Jihan Tzr, Lahir Prematur Tumbuh Menjadi Raksasa

LingkaranIlmu.com – Artikel ini saya tulis berdasarkan kenyataan dan sangat cocok bagi anda yang kepengen kurus langsing, juga yang mempunyai anak obesitas (kelebihan berat badan). Hanya disini !

Nama lengkapnya adalah Jihan Tuhfatu Zahro Romadhoni, terlahir dengan kondisi prematur, hanya delapan bulan dalam kandungan ibunya dan lahir dengan berat hanya 1kg sebesar botol syirup saja. Namun.. tumbuh begitu sangat cepat seperti anak raksasa dan langsingnyapun begitu cepat. Ingin tahu penyebab obesitas dan proses kelangsinganya seperti apa ? yuk ikuti terus artikel ini.

diet anak

Jihan lahir prematur

Nama jihan di ambil dari bahasa arab yang berarti seorang pemimpin wanita, dengan harapan anak ini akan menjadi seorang pemimpin perempuan di masa mendatang.” kata orang tuanya sambil tersenyum bangga”.

Tahukah anda.. ? menurut sebagian orang tua yang pernah mempunyai anak lahir dengan prematur, maka anak itu mempunyai kelebihan di atas rata-rata tak tanggung-tanggung seperti, sangat cerdas,sangat cekatan, tahan uji, fisik yang kuat, obesitas dan lain sebagainya, begitu juga sebaliknya bisa sangat lemah di bawah normal.

Orang tuanya sangat bersyukur ternyata apa yang di bilang orang  yang pernah melahirkan anak dengan kondisi prematur itu... benar adanya, begitu juga dengan jihan anak prematur tumbuh sangat cepat menjadi seperti anak raksasa menunjukan kelebihanya.

Tumbuh dengan cepat

Pertumbuhan fisik Jihan, tidak seperti anak-anak lain pada umumnya, jihan umur empat tahun sudah mempunyai berat badan 40 kg dan tinggi badan 130 cm. Ini merupakan berat badan dan tinggi badan yang menurut dokter adalah obesitas.

Karena pertumbuhanya yang begitu cepat.. mengalahkan teman-teman sebaya sepermainanya, banyak temanya yang ketakutan apabila dekat-dekat dengan jihan si anak raksasa, nama panggilan akrabnya.


Kata orang tuanya..pernah pada saat bermain jihan tanpa sengaja tanganya mengenai muka temanya dan jatuh tersungkur menangis sejadi-jadinya. Ternyata anak itu lebam mukanya, dan keesokan harinya anak itu tidak mau bermain lagi dengan jihan.

Sifat-sifat jihan
 
Jihan juga mempunyai sifat penyayang kepada yang lebih kecil dan mudah bergaul, pandai bercakap-cakap walau dengan orang dewasa.

Jihan bukan hanya si anak raksasa tapi juga anak yang pandai dan cerdik namun sedikit nakal, nakalnya sih nakal wajar layaknya anak kecil. Kata orang tuanya.

Gemuk dan tingginya tidak seperti gemuknya anak yang kelebihan lemak, tapi jihan pada bagian kulit tubuhnya begitu keras dan kuat, tenaganyapun sangat besar seperti tenaga orang dewasa. Setiap hari.. malam dan siang selalu berkeringat.

Banyak orang yang tak menyangka dengan tinggi 130 cm dan berat badan 40 kg, umurnya baru empat tiga tahunan lebih saja.


Lantas apa yang membuat jihan menjadi begitu tinggi dan besar ? nih.. di kutip dari orang tuanya seperti ini...

Menurut kedua ortunya

Dengan gaya bahasa orang tuanya jihan yang suka mencampur bahasa jawa dengan bahasa indonesia yang blepotan katanya...

“jihan tak di sangka-sangka akan tumbuh cepat seperti ini, padahal waktu lahirnya cuman 1 kg saja, kalau di bandingkan dengan botol Aqua yang 1 liter masih besaran botol”.

kira-kira apa yang membuat jihan tumbuh begitu cepat ?

Jihan minum susu toko

Menurut petunjuk bidan persalinanya... ibunya tidak bisa mengeluarkan Asi, disarankan agar diberikan susu toko saja..

Dengan saran tersebut, orang tua jihan pun menuruti apa kata bidanya dan membeli susu toko, dan bayi itupun rupanya sangat menikmati susu itu.

Kadar kuning tinggi karena prematur

Namun bayi jihan yang notabenya harus menyusu pada ibunya, akan tetapi menyusu dengan susu toko, jihan..  tidak hanya ngenyot susu toko. Pada saat-saat bayi itu berumur dua bulan dokter memberitakan bahwa bayi mengalami kadar kuning yang sangat tinggi, salah satu penyebabnya Karena jihan lahir prematur... menurut bidan “bayinya kuning” dan harus di bawa ke rumah sakit untuk di sinar, namun pada saat itu ibunya menolak dan ingin di urus sendiri.

Berdasarkan masukan pendapat-pendapat orang yang berpengalaman, mengenai cara merawat bayi prematur, maka ibunya jihan pun mempraktekan semua itu di rumah, di antaranya :

Cara merawat bayi prematur kuning

Bayi kuning mungkin banyak juga di alami oleh bayi yang tidak lahir prematur, namun apabila bayi kedapatan mempunyai kadar kuning yang tinggi alangkah baiknya anda melakukan ini :
Itu semua harus di lakukan secara rutin selama tiga bulan berturut-turut.

Yang pasti kedua orang tuanya jarang istirahat karena waktunya habis untuk mengurus jihan yang prematur, tapi ini katanya “titipan Allah yang harus di kerjakan, saya ikhlas”.

Jihan tumbuh seperti anak raksasa

Tanpa di sadari dari waktu ke waktu rupanya itu semua yang membuat jihan tumbuh cepat seperti anak raksasa, hari demi hari minggu demi minggu perubahan fisik jihan sangat terlihat begitu cepat, kata ibunya perubahan membesarnya itu pada malam hari.. memang pada waktu itu orang tua jihan merasa khawatir kalau-kalau ada kelainan pada perubahan fisik yang sangat cepat. Namun setelah di periksakan ke dokter ternyata kata dokter “normal” hanya saja obesitas tapi kata dokter bagusnya obesitasnya di sertai dengan tinggi badan dan tidak berlemak dan bahkan dokter itupun terkagum-kagum dengan tingkah pola jihan yang lucu.

Setelah umur empat tahun yang begitu mencemaskan dan juga menyenangkan bagi orang tuanya. Menginjak jihan umur lima tahunan kondisi jihan sedikit demi sedikit berat badanya mengurangi dan justru tingginya bertambah tinggi. Lantas apa yang membuat jihan semakin tinggi dan berat badanya menurun ? yuk ikuti terus artikel ini.

Diet anak kecil obesitas versi jihan

Diet apakah yang dilakukan jihan oleh orang tuanya ? ini cerita selengkapnya :
Jihan anak raksasa dari lahir sampai umur empat tahun lebih, hanya beberapa kali mengalami sakit, itu juga hanya sakit panas yang wajar.
Umur lima tahun berjalan.. dengan pola makan jihan si anak raksasa yang seperti itu, pada akhirnya semakin tumbuh tinggi dan justru berat badanya semakin berkurang. Istilahnya tumbuh ke atas bukan tumbuh ke samping.

Dan ketepatan pada umur lima tahunan jihan di tinggal oleh kedua orang tuanya selama satu bulan karena ada kepentingan yang tidak bisa di tunda.jihan yang sudah terbiasa sehari-hari dengan kedua orang tuanya, mendadak kehilangan orang tuanya.

Mungkin pada saat itulah jihan si anak raksasa yang tinggal bersama neneknya merasa tertekan batin, apalagi orang tuanya tidak ada denganya.

Dalam kondisi seperti itu anak menjadi pendiam mungkin teringat pada orang tuanya, pada akhirnya jatuh sakit kisaran satu minggu lamanya jarang makan dan jarang minum susu.

Diet jihan berlawanan dengan teori 

Mungkin saat-saat itulah kondisi fisiknya yang tadinya besar dan gendut menjadi turun drastis.
Mungkin diet yang pernah di alami jihan memang tidak di sengaja.. namun dalam beberapa hal menjadi sangat penting bagi siapa saja yang sedang menjalankan program diet, yaitu masalah asupan makanan yang berlebih apalagi susu yang banyak mengandung lemak menjadi pemicu utama, juga di dorong dengan pikiran yang tenang maka asupan makanan akan menjadi lemak. justru teori ini berlawanan dengan program diet anak yang menganjurkan minum susu dan tidak boleh stres.
 
Program diet yang paling ampuh untuk anak-anak yang mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dan ingin menurunkan berat badanya (tumbuh ke atas bukan kesamping)  adalah apabila orang tua menyusun program seperti yang pernah di alami oleh jihan walaupun tidak di sengaja. Namun pada dasarnya yang namanya penurunan berat badan adalah pasti sama.

Ingin tahu perkembangan jihan yang sekarang berjalan umur sembilan tahunan ? nih beratnya hanya 30 kg dan tingginya 150 cm dan sekarang di juluki jihan si tinggi besar anak sebayanya memanggilnya.

Pengalaman jihan masuk sekolah dasar sempat menjadi problem, karena anaknya tinggi besar namun umurnya baru enam tahun dan sekolah dasar tidak bisa menerima yang masih enam tahun, namun karena jihan sudah pandai membaca dan tubuhnya tinggi besar akhirnya pihak sekolah mau menerima.

Dan sekarang jihan sekolah di SDN 6 Banda Aceh, paling tinggi di antara teman-temanya.


Jihan bercita-cita ingin menjadi seorang peragawati dan pemimpin yang amanah, setelah di temui dan wawancara dengan kedua ortunya oleh tim LingkaranIlmu.com.

Semoga artikel kisah nyata ini yang di beri judul Heboh ! Cara Diet Anak Kecil Bernama Jihan Tzr, Lahir Prematur Tumbuh Menjadi Raksasa berguna dan bermanfaat.

Labels: , ,