Ini Penyebab Wanita Hamil Lahir Dengan Bayi Kepala Kecil

Lingkaranimu.com - Semua wanita hamil mengharapkan lahir anaknya dengan normal, akan tetapi lain lagi kejadianya,  apabila wanita hamil yang di gigit oleh nyamuk, akan menyebabkan lahir dengan ukuran kepala sangat kecil, nyamuk apakah itu?


Kehati-hatian dalam menjaga diri terutama bagi ibu hamil agar jangan sampai tergigit nyamuk apapun, adalah yang terbaik, karena nyamuk ini belum bisa di prediksi dan belum ada penawarnya, kejadian nyamuk yang menggigit dan menularkan virus terahadap ibu hamil, dan lahir dengan bayi kepala kecil, sudah terjadi di negara-negara lain, memang indonesia belum ada, namun sikap kehati-hatian sangat penting, karena bukan tidak mungkin nyamuk itu bermigrasi ke indonesia.

Inilah nyamuk yang menularkan Virus zika yang sudah menjadi pembicaraan banyak orang di luar negri sana, kini Indonesia juga siap-siap berbenah mengantisipasi serangan viru zika yang belum ada penawarnya.

Bukan tidak mungkin indonesia yang notabenya daerah tropis, sangat berpotensi menjadi sarang nyamuk yang membawa virus zika dan menyebarkanya.

bayi lahir dengan kepala kecil

Sejarah Virus Zika
 
Virus zika menurut  WHO sebenarnya sudah muncul sejak tahun 1947 di uganda. Temuan ini diditeksi dari badan hewan endemik uganda yaitu kera . kemudian virus ini ternyata bisa menular pada tubuh manusia, dan serangan dari virus inipun semakin meluas dari mulai negara-negara di Afrika . kawasan negara kepulauan karibia amaerika selatan,ini sama persis dengan virus west nile nama sebuah provinsi di uganda, yang mungkin antara virus zika dan virus west nile masih saudara kandung. Karena sumbernya dari negra yang sama uganda.

Virus Zika Dengan West Nile

Namun virus west nile dengan virus zika mempunyai perbedaan yang sangat jauh, kalau di liahat dari dampaknya sepintas virus west nile lebih mematikan, akan tetapi virus zika sangat lebih berbahaya karena dampak buruknya ada pada bayi, yang notabenya bayi adalah regenerasi dari manusia, sudah anda bayangkan apa yang bakal terjadi, seandainya virus itu menyerang ibu hamil. Pastilah generasi-generasi itu menjadi tidak bermutu, dan awal kebinasaan dari sejarah manusia.

Penyebaran Virus Zika Begitu Cepat

Berita ini membuat dunia tercengang, semua sibuk mencari solusi tentang bagaimana mengantisipasi virus zika ini, yang belum ada vaksinya, tak terkecuali indonesiapun sama, di buat sibuk karenanya.
Fakta penyebaran virus zika tidak boleh di abaikan, padaTahun 1951-1981 wabah tersebut dilaporkan menyebar keseluruh afrika dan asia, pada tahun 2007 wabah ini ditemukan menyebar ke polinesia dimana sekitar 73 % populasinya terinfeksi.

Pada tahun 2014 wabah ini mulai menyerang amerika latin dan menyebar dengan cepat. Sejak tahun 2015 pan american health organitation (PAHO) dan WHO menyarankan amerika bersiap menyaring wabah zika.

Kronologi Virus Zika

Penyebarab virus zika ini di mulai melalui media nyamuk Aedes aegepty yang masih satu family dengan virus penyebab demam berdarah, penyakit kuning , dan penyakit cikunguya, dan gejala virus zika, hampir mirip dengan gejala demam berdarah, kemungkinan besar virus zika juga masih saudaraan dengan virus west nile, namun west nile lebih berbahaya.!

Perbedaan virus zika dengan denam berdarah
  • Demam tidak terlalu tinggi, kurang lebih 38 derajat celcius, sedangkan demam berdarah panas yang sangat tinggi.
  • Jika demam berdarah akan muncul bintik-bintik merah sekujur badan, namun virus zika muncul beberapa ruam yang lebar dengan benjolan tipis. Terkadang ruam ini berubah warna menjadi merah tua.
  • Penderita virus zika juga akan mengalami keluhan infeksi mata yaitu mata kemerahan disertai dengan munculnya ruam pada bagian dalam kelopak mata.  

Virus Zika Penyebab Wanita Hamil Lahir Dengan Bayi Kepala Kecil

Nampaknya virus zika ini, masih saudaraan ama si west nile dan dengue, zika adalah virus yang menular, kini kabar terbaru virus zika tengah melanda Amerika. memang Secara umum, virus zika hanya menyebabkan gejala singkat seperti flu biasa.Hanya saja, jika virus ini menyerang ibu hamil, resiko kebanyakan akan lahir dalam kondisi cacat, Bayi akan lahir dengan kondisi kepala dan otak kecil yang disebut dengan microcephaly.

Jutaan perempuan di amerika latin dan karibia diperingatkan untuk tidak hamil, lantaran sedang merebak virus zika, kabar ini sudah tidak aneh lagi lantaran sebelumnya virus zika juga telah menyerang ibu hamil dengan kelainan bayi yaitu di Brasil kurang lebih 4000 bayi dilahirkan dengan kondisi kelainan ukuran kepala yang sangat kecil. Dan juga di Elsavador, sudah ada laporan 5000 kasus korban virus zika, dan tidak luput pula di kolombia 700 ribu orang diduga terancam inveksi oleh virus zika.

Kenali Virus Zika

Untuk lebih waspada akan bahaya dari virus zika. Ada baiknya untuk memahami lebih dekat beberapa fakta penting terkait dengan virus tersebut. Melansir dari everydayhealth.com berikut ini merupakan fakta dari serangan virus zika.

Yang terpenting anda harus tahu bagaimana sih Virus zika itu ?

Inilah Fakta dari pada Virus zika Penyebab Wanita Hamil Lahir Dengan Bayi Kepala Kecil

penyebaran virus melalui nnyamuk
Virus nyamuk sebenarnya dibawa oleh nyamuk dan juga manusia, hanya saja penyebaran (penularan) dilakukan melalui media nyamuk. Zika adalah virus RNA yang berhubungan dengan west nile, demam kuning dan virus dengue yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes.

Virus ini menggunakan nyamuk sebagai media penyebaranya. Cara penularanya mirip dengan demam berdarah, yaitu dari satu orang ke orang lainya melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi.

Gejala terlihat sepele
Hampir 80 % orang terinfeksi virus zika tidak menunjukan gejala, gejala yang paling umum terjadi adalah demam dan ruam. Terkadang virus ini juga menyebabkan otot dan nyeri sendi, sakit kepala, nyeri belakang mata dan konjungtivis (mata merah)
Belum ada pengobatan efektif yang digunakan untuk virus zika, perawatan yang dilakukan umumnya untuk mengatasi gejala yang di tunjukan.

Resiko paling tinggi berlaku untuk bayi dalam kandungan
Saat ibu hamil tertular virus zika, maka anak yang berada dalam kandungan memiliki resiko berbahaya dari virus zika. Efek yang muncul sangat bahaya bagi bayi, bayi akan mengalami apa yang disebut dengan microcephaly.

Ini adalah kondisi dimana bayi lahir dengan kondisi otak dan kepala kecil.
Microcphaly dapat menyebabkan bayi mengalami keterbelakangan mental, lambat dalam bicara, bergerak dan dalam pertumbuhanya.

Tidak ada vaksin untuk virus zika
Memang hingga saat ini belum ada vaksin yang digunakan untuk menghambat virus zika. Satu-satunya vaksin untuk virus zika adalah vaksin rubella.(vaksin untuk pencegah cacat lahir.
Vaksinasi ini di peruntukan bagi anak –anak dan direkomondasikan untuk orang dewasa vaksin ini membantu untuk mencegah keguguran pada wanita hamil, masalah jantung kebutaan dan gangguan pendengaran pada bayi yang baru lahir.

Mencegah virus zika
Meningat nyamuk adalah media penyebaran virus zika, maka menanganinya harus mengahambat penyebaran nyamuk tersebut. dan membersihkan semua yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.itulah cara satu-satunya agar selamat dari serangan nyamuk yang menularkan Virus Zika.


Semoga artikel yang saya beri judul Ini ! Penyebab Wanita Hamil Lahir Dengan Bayi Kepala Kecil dapat bermanfaat.

Ini Penyebab Wanita Hamil Lahir Dengan Bayi Kepala Kecil Rating: 4.5 Posted By: Lingkaran Ilmu

0 komentar:

Post a Comment

 
Advertisement