Demam Berdarah Hanya Bisa Di Cegah Dengan Cara Ini!

Lingkaranilmu.com - apabila telah datang pergantian musim, maka pada saat itulah nyamuk mulai berkembang biak, pada saat itulah kita mencegah demam berdarah.

Bukan suatu yang tidak mungkin di antara nyamuk-nyamuk itu salah satunya adalah jenis nyamuk yang sangat di takuti, yaitu nyamuk aedes aegypti, ada juga nyamuk penebar virus west nile, virus zika yang sekarang-sekarang ini lagi jadi momok menakutkan bagi umat manusia.

demam berdarah

Kebanyakan orang belum mengenal nyamuk demam berdarah

Semua orang layak membicarakan masalah tentang nyamuk-nyamuk itu, karena sudah banyak sekali korban-korban berjatuhan akibat keganasan dari pada gigitan nyamuk itu sendiri, namun yanag masih menjadi kendala beasr bagi sebagian besar orang adalah sangat sulit mengenali gigitan nyamuk itu sendiri dengan cepat, karena dampaknya tidak langsung dan bisa memakan waktu cukup lama agar kita mengetahui bahwa seseorang tersebut terkena gigitan oleh nyamuk yang berbahaya itu.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati

Penyakit apapun sebaiknya adalah mencegah dari pada mengobati, apalagi yang namanya penyakit demam berdarah sangat berisiko sekali bahkan taruhanya nyawa dan masih sulitnya pasien demam berdarah untuk mendapatkan pengobatan yang maksimal.

Apabila kita tidak mau mengantisipasi sedini mungkin, agar supaya nyamuk-nyamuk itu tidak menyerang kita, maka kerugianlah yang akan kita dapatkan yang di akibatkan oleh ganasnya gigitan nyamuk tersebut.

Belum ada obat penawar 

Selama ini para peneliti kesehatan belum menemukan penawar penyakit demam berdarah yang benar-benar memuaskan, sehingga korban meninggalpun tak dapat di elakan lagi.

Karena belum adanya obat yang ampuh untuk menyembuhkan demam berdarah, maka tindakan yang tepat agar terhindar dari demam berdarah adalah membasmi nyamuk-nyamuk itu dengan tidak memberi kesempatan nyamuk itu berkembang biak. Ingin tahu cara supaya nyamuk tidak berkembang biak ? ikuti terus artikel ini.

Naymuk yang berbahaya sebetulnya sangat banyak jenisnya, tapi yang paling populer adalah selain aedes aegypti, ada juga cikunguya, virus west nile, dan yang baru-baru ini seperti virus zika, berasal dari nyamuk yang apabila menggigit perempuan hamil akan berdampak pada janin yang di kandungnya, yaitu kepala bayi bisa kecil. Ingin tahu seperti apa kepala bayi tersebut ? baca juga  ini !
penyebab wanita hamil dengan kepala kecil
 .
Kebanyakan masyarakat sangat awam dengan jenis nyamuk yang berbahaya itu, namun untuk sekedar mengetahui saja, bahwa nyamuk itu akan beraksi biasanya pada siang bo;ong, bisa pagi, siang dan sore hari. Hati-hatilah pada waktu-waktu itu.

Awasi ! anak-anak bermain

Terutama pada anak-anak, awasilah ! ketika bermain, hindari tempat-tempat kotor, gelap dan basah. Karena memang nyamuk sangat suka pada tempat-tempat seperti itu.

Dan perhatikanlah anak tersebut ketika suhu panas badan meningkat tidak sewajarnya, itu adalah tandanya anak anda terserang demam berdarah dan segeralah bawa periksaakan ke dokter atau rumah sakit, puskesmas dan manfaatkanlah bpjs, agar tidak terlalu membeni masalah biaya.

Atau untuk pertolongan pertama sebaiknya anda segera mengkonsumsi ramuan tradisional, nah untuk ramuan itu sudah saya persiapkan, apa saja yang baik untuk di konsumsi apabila ada dari bagian keluarga kamu atau tetangga kamu yang terserang demam berdarah, silakan baca di bawah ini. ramuan ini bisa mendongkrak menurunkan trombosit dalam darah. nih, ramuanya...

Pertolongan pertama demam berdarah

Daun Ubi Jalar

Daun ubi jalar mengandung isoflavon, yang bekerja meningkatkan sistem kekebalan tubuh.pucuk daun ubi jalar dari satu ikat di rebus dengan air satu liter selama lima menit lalu di minum, tiga kali sehari, tergantung kondisi pasien.
Rebusan daun ubi jalaar efektif mendongkrak trombosit dan sudah banyak yang membuktikanya. Baik di dalam negri maupun luarnegri, disamping bermanfaat untuk menurunkan trombosit  Juga sangat mudah untuk mendapatkanya.Karena banyak di jual di pasar-pasar, swalayan, mini market dan lain sebagainya.

Daun Pepaya Gandul
Berdasarkan penelitian. Daun pepaya, tanaman yang punya nama ilmiahnya carica papaya L.Ternyata dapat menurunkan tombosit. Caranya ambil tiga lembar daun pepaya gandul, tumbuk, peras, hingga menjadi 1-2 sendok makan, lalu minumkan ke pasien, 2-3 kali sehari, memang pahit sudah pasti tapi khasiatnya sudah terbukti.

Daun Jambu Biji
Daun Jambu Biji adalah salah satu dari sekian jenis daun yang bisa menurunkan trombosit, karena daun jambu biji mempunyai sifat antibiotik.Caranya pilih daun jambu biji yang segar dan bersih, lalu rebus dan diminum sampai beberapa kali. Daun jambu biji sangat mudah sekali untuk mendapatkanya. Silakan di coba.

Daun Dewa
Daun Dewa ini juga bermanfaat untuk menurunkan trombosit. Pada pasien demam berdarah. Caranya pilih daun dewa yang bagus dan bersih lalu rebus dengan air untuk diminum pada pasien demam berdarah sampai beberapa kali.

Itu semua silakan pilih sesuai kemampuan dan kesempatan anda sendiri.

Mencegah Demam Berdarah Dengan Cara Ini !

Demam berdarah bisa hilang hanya dengan mengantisipasi agar nyamuk tidak berkembang biak, adapun caranya anda bisa melakukan seperti di bawah ini..
  • Balik semua wadah atau ember kosong, sehingga saat hujan, ember tak akan menampung air. Jika kamu menggunakanya untuk menampung air, jangan lupa menutupnya setelah menggunakan.
  • Jangan lupa untuk membersihkan pot nunga kosong dan jangan menyiram tanaman secara berlebihan. Cara ini bertujuan untuk menghindari adanya air tergenang disekitar karena ini akan bertindak sebagai tempat berkembang biak nyamuk.
  • Menggunakan obat penangka nyamuk baik pada siang hari maupun malam, untuk mencegah nyamuk mendekat.
  • Menggunakan jaring anti nyamuk pada ventilasi untuk mencegah nyamuk kedalam ruangan.
  • Usahakan agar anak-anak tidur dengan dilindungi kelambu. Terutama pada siang hari di mana nyamuk aedes aegypti seringkali menyerang.
  • Selalu menutup tempat sampah setelah digunakan.
  • Menanam kemangi di bawah jendela untuk mencegah nyamuk mendekat atau masuk dalam ruangan. Tanaman ini memiliki sifat yang tak memungkinkan nyamuk berkembang biak.
Gigitan nyamuk aedes aegypti betina patut untuk di waspadai karena bisa berakibat fatal. Seseoran yang terinfeksi akan menunjukan gejala setelah 4-10 hai pasca tergigit. Gejala paing umum yang di tunjukan antara lain seperti demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri di belakang mata, mual dan muntah, pembengkakan kelenjar, nyeri otot sendi dan terkadang ruam pada kulit.

Seperti keterangan tersebut di atas adalah inti dari permasalahan nyamuk demam berdarah adalah masalah kebersihan, ketika di sekitar lingkungan kita bersih maka dengan demikian nyamukpun bersih. Iya tidak bro... ?

Gotong-royong kebersihan

Yang menjadi permasalahan besar tentang nyamuk adalah tidak cukup hanya bersih di sekitar rumah halaman kita saja, melainkan semua lingkungan yang ada harus bersih dan terbebas dari sarang naymuk. Akan tetapi ini memerlukan kekompakan antar warga, agar semua lingkungan  bersih,maka sangat diperlukannya ke gotong royongan masyarakat itu sendiri. Dalam hal ini harus ada yang bertindak menjadi inisiator atau penggerak, seperti pemerintah desa, ibu pkk, ormas pemuda dan lain-lain.

Dengan lingkungan bersih seutuhnya pasti akan terbebas dari serangan nyamuk ganas demam berdarah.

Baca Juga :
Nah saudara pembaca semuanya.. semoga artikel yang saya tulis ini berjudul Demam Berdarah Hanya Bisa Di Cegah Dengan Cara Ini !  bermanfaat dan berguna untuk mengurangi dampak penyebaran virus dari nyamuk.

Demam Berdarah Hanya Bisa Di Cegah Dengan Cara Ini! Rating: 4.5 Posted By: Lingkaran Ilmu

0 komentar:

Post a Comment

 
Advertisement