Dampak Negatif Pemakaian Pasta Gigi Yang Perlu Kamu Tahu

Lingkaranilmu.com - odol adalah nama merek pasta gigi tempo doeloe, sampai sekarangpun nama odol masih di pakai oleh sebagian orang untuk menyebutkan pasta gigi, walaupun merknya bukan odol.

orang indonesia memang suka yang simpel dan mudah untuk menyebutkan sebuah nama barang tertentu. Selain odol ada juga air mineral Aqua, karena Aqua merk air mineral yang pertama, maka orang dengan mudah menyebut air mineral walau bukan Aqua tetap saja menyebutnya Aqua.

Itulah bro..  enaknya jadi orang indonesia, semuanya di bikin mudah dan singkat.

Oh iya bro.. kembali lagi ke odol, odol merupakan pasta gigi yang buat untuk menyehatkan gigi, katanya gitu.. tapi tahu nggak bro.. ternyata pasta gigi juga bisa berisiko terhadap kesehatan tubuh kita, lalu bagian tubuh apa saja yang berdampak oleh pemakaian pasta gigi ? temukan jawabanya di sini.

Semua orang pasti pakai pasta gigi untuk menjaga kesehatan giginya, betul nggak bro.. ? betul sekali bro.. saya juga sekeluarga pakai pasta gigi untuk membersihkan gigi, bahkan mungkin dari nenek saya udah pakai pasta gigi.

dampak nagatif pemakaian pasta gigi

Tapi katanya ketika belum banyak pasta gigi orang-orang zaman tempo dulu pakai ini.

Baca Juga: Cara Paling Mudah Supaya Gigi Kita Bisa Putih

Pasta gigi tempo dulu

Memang dari zaman dulu gigi juga sudah ada, kalau ada gigi berarti ada juga perawatanya. Iyakan bro... nih bawah ini perawatan gigi tempo dulu.

Susur atau sirih sama kapur
Tapi mungkin bagi generasi neneknya nenek saya, belum ada tuh yang namanya pasta gigi, paling yang ada pakai susur sirih dan kapur istilahnya nginang tuh bro.. yang kalau pakai susur giginya pada merah gitu bro.. lantas apa makna dari susur itu bro.. katanya sih, kalau nggak salah.. untuk berfungsi sebagai penyehat gigi dan pengganti rokok. Itu juga katanya tapi kebenaranya belum tahu tuh bro..

Tanah yang dikeringkan “Ampo”
Tapi ada juga yang pakai tanah, yang sudah dikeringkan, atau istilahnya sih kalau kata daerah saya “ampo” tau tuh kalau menurut ente apaan. Kata orang tua zaman dulu ampo itu fungsinya sama seperti pasta gigi... tapi yang jelas kebeneranya juga belum tahu.

Dulu sih pada waktu kecil pernah tuh ngrasain ampo, rasanya ya.. seperti tanah itu.. dan baunya juga seperti tanah kering yang kehujanan. Mungkin ente pernah merasakan bau itu.

Siwak pada zaman Rasulullah
Tapi lain lagi pada zamanya rasulullah nabi muhammad, yaitu pakai kayu yang di sebut kayu siwak, dan ternyata menurut penelitian kayu siwak adalah lebih baik dari pada pasta gigi, karena tidak mengandung zat kimia bro..

Dan agama islam juga menghukumi sunah bagi barang siapa saja yang bersiwak maka akan mendapatkan bukan saja kesehatan giginya, akan tetapi mendapat imbalan pahala. maaf bro.. siwak itu bagaimana sih pemakaianya.. itu kan kayu. Iya betul sekali bro.. adapun pemakaianya karena kayu, maka cukup kayu itu di gosokan saja pada gigi secara merata. Udah siap deh...

Di samping siwak sangat bermanfaat juga bisa di pakai selama kayu itu tidak hilang, di bandingkan dengan pasta gigi. Dengan kata lain siwak lebih ekonomis.

Namun pada masa sekarang siwak sudah bervariasi ada yang berbentuk pasta siwak. dan anda bisa menemukanya di toko-toko atau super market.

Kesehatan gigi sangatlah penting, namun bukan berarti kesehatan tubuh yang lainya tidak penting ! sama-sama penting ya bro..

Nih bro, saya mau mengabarkan apa sih dampak negatif pemakaian pasta gigi ?

Maaf nih bro seblumnya, bukan saya menjelekan produk-produk pasta gigi, akan tetapi saya cuman ingin berbagi pengetahuan, untuk kepentingan kesehatan gigi anda.

Kareana dampak ini bro.. kalau bener-bener terjadi akan sangat berisiko merugikan terhadap anda, sayangkan bro.. kalau sakit tahu sendiri kan bro..  kaya gimana tuh duit banyak keluar kagak ada pemasukan karena orang yang nyari duitnya lagi di rumah sakit, kasihan kan... makanya perhatikan nih bro..

Dampak negatif pemakaian pasta gigi

Gangguan tiroid
Pasta gigi mengandung zat yang disebut dengan triclosan di dalamnya. Zat ini sendiri berfungsi untuk membunuh kuman bakteri dalam mulut. Namun sebuah penelitian telah menunjukan bahwa bahan kimia ini mampu menyebabkan masalah tiroid, penyakit jantung hingga kanker. Kalau sudah begini lantas apa yang harus di lakukan untuk para konsumen pasta gigi ?

Masalah otak , ginjal, dan jantung
Pasta gigi yang umum di jual mengandung zat yang di sebut dengan glikol politelien (polyethyline). Bahan kimia yang beracun ini bisa merusak otak, ginjal serta jantung anda. Berhati-hatilah menggunakan pasta gigi..

Penurunan kecerdasan
Pernahkah kamu mendengar kandungan floride di dalam pasta gigi ? bahan kimia ini selain merusak gigi juga mampu mengurangi IQ pada anak. Selain itu juga jika di gunakan oleh wanita hamil maka dapat menyebabkan masalah tiroid, kerusakan tulang, masalah perut, hingga kanker.

Sariawan
Di dalam pasta gigi terdapat zat kimia yang bertindak sebagai sabun dan dikenal dengan sebutan natrium lauril sulfat. Jika di gunakan secara berkepanjangan maka zat ini bisa menyebabkan sariawan, iritasi kulit, dan ketidak seimbangan hormon.

Perut kembung
Penasaran kenapa pasta gigi bisa berasa manis ? hal ini di sebabkan karena pasta gigi mengandung zat gula di dalamnya yang di sebut dengan sorbitol. Zat ini sangat sulit di cerna oleh tubuh yang kemudian dapat menyebabkan diare, gangguan pencernaan, gas, dan perut kembung. Sorbitol juga dapat mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh.

Diabetes
Selai sorbitol, pasta gigi juga mengandung zat yang disebut dengan aspartame atau gula buatan. Dan penelitian telah menunjukan bahwa zat ini bisa meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.

Kanker ginjal
Bahan kimia lainya di dalam pasta gigi adalah dietanolamina. Zat inilah yang bisa menimbulkn busa dalam pasta gigimu. Kontaminasi bahan kimia jenis ini dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kanker hati, kanker ginjal, serta ketidak seimbangan hormon.

Untuk meminimalkan paparan bahan kimia tersebut, kamu bisa menggunakan pasta gigi bebas detergent atau siwak.

Mungkin untuk sementara cara yang benar adalah kembali lagi pada zaman rasulullah yaitu memakai siwak, namun apakah siwak bisa menjamin kebersihan gigi anda.. ?

Jawabanya adalah sangat bisa ! karena siwak adalah alami jadi anda bisa terbebas dari paparan zat-zat kimia, seperti pasta gigi pada umumnya.

Maaf bro..  sebetulnya saya tidak ingin mengatakan hal ini akan tetapi ternyata ini adalah fakta bahwa pasta gigi yang ada ternyata banyak mengandung zat-zat kimia yang berbahaya pada tubuh anda.
 
Setelah mengetahui bahwa pasta gigi mengandung paparan zat kimia yang berbahaya, semuanya saya kembalikan pada anda pembaca semua.

Baca Juga : Ini Dia Dampak Negatif Minum Kopi Yang Terbaru

Dan sebelum mengakhiri tulisan saya ini, saya minta maaf apabila ada salah penulisan yang di sengaja ataupun tidak di sengaja.

Saya masih butuh saran dan kritik yang membangun, silakan hubungi halaman kontak blog LingkaranIlmu.com yang telah kami sediakan.

Semoga artikel yang saya beri judul dampak negatif pememakaian pasta gigi bermanfaat.

Dampak Negatif Pemakaian Pasta Gigi Yang Perlu Kamu Tahu Rating: 4.5 Posted By: Lingkaran Ilmu

0 komentar:

Post a Comment

 
Advertisement