Waspada! Usia Muda Bisa Terkena Parkinson, Ini Alasanya

Lingkaranilmu.com - Selama ini kita mengenal penyakit Parkinson hanya akan menyerang manusia pada usia 50 tahun ke atas, namun tidak demikian! usia muda sekalipun bisa terkena Parkinson.


usia muda terkena parkinson


Sekilas Mengenal Penyakit Parkinson


Penyakit Parkinson adalah kelainan degeneratif dari saraf pusat (di otak) yang menyebabkan gangguan pada system Motorik. Penyakit ini muncul lantaran ada kerusakan sel otak atau Neuron yang memproduksi Dopamin-neurotransmiter zat kimia penghantar pesan ke otak.

Keadaan Dopamin membuat orang bisa menggosok gigi, memasang kancing baju, memakai sepatu, dan sebagainya. Dopamin diproduksi di bagian otak yang disebut Substansia nigra. Bagian ini terletak pada sirkuit otak yang disebut ganglia basalis. Nah, pada pasien Parkinson, subtansia nigra di ganglia basalis sudah tidak lagi berfungsi atau mati.sehingga tidak dapat memproduksi Dopamin.

Gangguan pada zat ini sama dengan terhambatnya sinyal pada telepon. Akibatnya, banyak pesan yang diinginkanya tak sampai ke system motorik, inilah kenapa penderita penyakit Parkinson sering mengompol dan air mata kerap menetes tanpa sebab atau tanpa kontrol, karena kerja saraf motorik tidak normal.

Ada tiga Faktor penyebab keringnya Dopamin

 

  • Paparan zat kimia atau logam berat
  • Faktor genetis
  • Proses penuaan atau degeneratif

Mementahkan Teori Lama


Dengan adanya Faktor yang pertama (paparan zat kimia logam berat) yang menjadi penyebab keringnya Dopamin, tidak menutup kemungkinan usia muda bisa terkena Parkinson dan secara otomatis pula serangan penyakit Parkinson menurut penelitian yang hanya dapat menyerang usia di atas 50 tahunan, menjadi terbantahkan dengan sendirinya.

Untuk mengantisipasi usia muda agar tidak terkena Parkinson yang bisa dilakukan adalah mengenali lebih dini penyakit ini agar tidak terlambat di tangani. Apalagi Parkinso bersifat progresif, artinya gangguan dan gejala yang muncul akan bertambah buruk dalam jangka waktu yang lama.

Karakter Penyakit Parkinson


Penyakit Parkinson memang tidak mudah untuk di diteksi karena penyakit ini memilik gejala yang berfariasi pada setiap orang. Misalnya ada orang yang mengalami gejala awal berupa nyeri punggung kiri, tapi penderita yang lain belum tentu mempunyai keluhan tersebut. “semua gejala bersifat Individual”  itu sebabnya penangann dan pengobatan Parkinson, sering telat. Maklum gejalanya kerapkali muncul empat sampai lima tahun kemudian. Berarti penyakit itu sudah ada pada pasiaen empat, lima tahun sebelumnya.

Gejala Parkinson dapat dikenali juga dengan ;

 
Metode TRAP singkatan, tremor (gemetar), rigidity (kekakuan), akinesia (hilangnya gerakan lamban) dan postural instability (ketidak seimbangan postur tubuh)

Tremor bisa di lihat dari tangan pasien yang selalu gemetar saat istirahat, sedang kekakuan bisa terjadi pada kaki, tangan, atau tubuh penderita. Untuk kekakuan di tangan , ini bisa dikenali antara lain dengan melihat tulisan. Saat menulis penderita parkinson tidak teratur, lama kelamaan tulisanya semakin mengecil.

 Waspada usia muda bisa terkena parkinson dengan mengenali gejala-gejala ini :
  • Sakit yang luar biasa pada bagian belakang kepala
  • Punggung terasa sakit
  • Dada terasa sakit
  • Tangan bergerak sendiri tanpa disadari
  • keseimbangan tubuh terganggu, merasa hendak jatuh ke depan
  • Kedua tanganya menekuk ke atas dada tanpa di sadari
  • Gerakan semakin lambat dan selalu gemetar.

Metode Pengobatan


Apabila gejala TRAP ini tidak muncul tapi ada gangguan fisik-misalnya, tidak bisa mengontrol kencing atau nyeri di beberapa bagian tubuh , satu-satunya cara adalah pemberian obat asupan obat Dopamin dari luar tubuh, obat ini di lakukan selama kurang lebih dua bulan “bila setelah dikasih Dopamin hasilnya bagus , bisa dipastikan pasien tersebut mengidap Parkinson”. Bila tidak memberikan hasil , gangguan fisik tadi mungkin berasal dari penyakit lain.

Di anjurkan untuk penderita Parkinson

Sering melatih tubuh dengan melakukan gerakan motorik aktif di antaranya :
Berolah raga, Melukis langsung dengan jari, Mendengarkan musik yang menghentak.

Baca juga : Celana Ketat Memicu Rusaknya DNA Sperma

Semoga dengan waspada usia muda bisa terkena Parkinson, dapat di cegah sedini mungkin.

Waspada! Usia Muda Bisa Terkena Parkinson, Ini Alasanya Rating: 4.5 Posted By: Lingkaran Ilmu

0 komentar:

Post a Comment

 
Advertisement