Virus West Nile Migrasi Ke Indonesia

LingkaranIlmu.com - Seperti namanya, Virus ini awalnya di temukan di provinsi West Nile, Uganda, pada tahun 1937. Selama lebih dari setengah abad sesudahnya, virus ini tidak terlalu di tanggapi serius karena daya serangnya terbatas, sedikit kehebohan terjadi saat virus sudah keluar dari sarangnya dan menyerang Aljazair pada tahun 1994. Seperti yang sudah di duga, dari Aljazair, virus ini dengan mudah menyebrangi lautan Mediterania dan mendarat di Eropa. Dua tahun kemudian, West Nile di temukan di Rumania dengan serangan lebih kejam, mengahajar Syaraf!. Ketika sudah sampai di New York pada tahun 1999, hanya butuh waktu singkat, West Nile telah merebak ke seluruh dunia. Pada 2012, di Amerka Serikat saja Virus ini membunuh 286 orang.

Gejala Terinfeksi Virus West Nile

 

Mereka yang terinfeksi akan terkena demam, badan terasa dingin menggigil, sakit kepala hebat, nyeri sendi, nyeri otot, mual muntah, batuk , nyeri tenggorokan, terkadang sesak nafas.virus ini membahayakan karena sering menimbulkan konplikasi pada otak, bila sudah kena otak di sertai kejang dan kesadaran bisa menurun. bahkan tak jarang berakhir dengan kematian.

virus west nile

Kronologi Penyebarab Virus West Nile Migrasi Ke Indonesia
  1. Nyamuk yang terinfeksi Virus West Nile menggigit burung seperti namanya, virus ini awalnya di temukan di Provinsi West Nile, Uganda.
  2. Penebaran Virus ini dilakukan oleh burung, terutama burung liar yang bermigrasi. 
  3. Penularan Virus West Nile dari burung ke manusia biasanya melalui perantar nyamuk Culex 
Dengan kronologi penyebaran yang melalui serangga, sudah di pastikan bahwa Virus West Nile akan lebih mudah menyebar kesuluruh dunia tidak menutup kemungkinan Indonesia.
Terbukti awal mula masuk ke indonesia adalah adanya pasien dari Surabaya pada Tahun 2013 yang di identivikasi mengidap Virus West Nile dengan gejala-gejala yang sama persis seperti uraian tersebut di atas.

Perbedaan Virus West Nile Dengan Virus Dengue (Aedes Aegypti)

 

Pada dasarnyaVirus West Nile dan Dengue, Sama-sama sumbernya dari nyamuk, nyamuk Aedes Aegypti aktif pada siang hari namun nyamuk Culex aktif kapan saja, siang atau malam, juga nyamuk Culex sangat banyak di sekitar kita.
Menurut Centers for desease Control and prevention (pusat pengendalian penyakit di Amerika serikat), hanya satu persen manusia yang digigit nyamuk terinfeksi West Nile akan sakit serius, oleh karena untuk mempersempit ruang gerak Virus West Nile. Kita harus mempersempit ruang gerak perkembangbiakan nyamuk.

Antisipasi Virus West Nile Migrasi Ke Indonesia

 

Satu-satunya cara yaitu dengan mempersempit ruang gerak nyamuk, dengan menghilangkan semua yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Semoga dengan artikel ini yang berjudul Virus West Nile Migrasi Ke Indonesia agar kita lebih meningkatkan kewaspadaan kita terhadap nyamuk.
Advertisement

Masukan Email Anda agar dapat kiriman artikel kesehatan gratis langsung ke Email Anda:

0 Response to "Virus West Nile Migrasi Ke Indonesia"

Post a Comment