Awas Ada Bakteri Berbahaya Pada Daging Yang Anda Makan

Lingkaranilmu.com - Daging yang banyak di konsumsi oleh manusia, adalah daging sapi, daging kambing, daging kerbau, daging babi dan masih banyak jenis daging-daging yang lainya.

Makanan cepat saji yang di olah oleh perusahaan-perusahaan dalam negeri maupun luar negri, sangat banyak beredar dan mudah untuk di temukan, di mini market, di super market dan di mall-mall, bahkan di perkampungan-perkampungan juga sudah banyak beredar.

Makanan olahan yang bahan dasarnya daging, yang di olah oleh perusahaan-perusahaan besar, bukan tidak mungkin, daging itu terkontaminasi oleh bakteri-bakteri jahat yang bisa merusak tubuh kita, apalagi makanan-makanan  yang sudah kadaluarsa.

Untuk mengantisipasi prodak yang tidak sehat, pemerintah telah membentuk badan pengawas obat dan makanan (BPOM), yang di perkuat oleh sertifikat Halal dari MUI, sebenarnya belum cukup, karena masih banyak pedagang-pedagang yang masih bermain curang.

awas ada bakteri di daging

Teliti Sebelum Membeli

Untuk antisipasi terhadap kita sendiri, sebaiknya sebelum membeli harap memeriksa makanan yang hendak kita beli dengan teliti dan cermat, terutama pada kemasan makanan pada kolom pemberitahuan masa kadaluwarsa dan isi makananya tersebut, apabila menemukan hal-hal yang ganjil sebaiknya jangan di konsumsi dan laporkan segera pada pihak yang berwajib, demi terciptanya prodak makanan yang beredar tidak berbahaya dan aman di konsumsi.

Daging Yang Baik Dan Halal

Daging yang baik itu adalah daging yang masih segar dan pemotonganya sudah melalui proses pemeriksaan oleh badan-badan tertentu, mungkin dalam benak kita semua timbul pertanyaan apakah hewan tersebut yang akan kita konsumsi pemotonganya sudah melawati proses atau belum ? Nah pertanyaan ini yang susah untuk di jawabnya.

Daging yang baik lagi halal menurut islam, hewan yang akan di potong haruslah dengan menyebut terlebih dahulu nama tuhan yang maha esa, begitu juga setelah melalui proses pemeriksaan oleh badan tertentu yang menangani masalah kesehtan hewan.

Bakteri Berbahaya Pada Daging

Namun prosedur-prosedur tersebut seringkali di abaikan atau tidak di hiraukan oleh masyarakat-masyarakat pada umumnya, tahu nggak ? bahwa daging itu banyak sekali mengandung bakteri yang sangat berbahaya, alih-alih kita ingin mendapatkan nutrisi yang sehat dari daging tersebut malah jadi penyakit. Itulah maksud saya perlunya antisipasi sedini mungkin dengan melakukan proses pemeriksaan terlebih dahulu, seperti di atas.

Dalam blog aratikel kali ini saya ingin berbagi pengatahuan tentang macam-macam jenis bakteri yang ada pada daging, dan cara mengatasinya.

Inilah macam-macam bakteri yang ada pada daging beserta cara mengatasinya :

Macam-Macam Bakteri Berbahaya Pada Daging Dan Cara Mengatasinya
  • Bakteri E.Coli
Bakteri ini berkembang biak pada perut binatang ternak. Bakteri E. Coli bisa mencemari daging dengan mudah saat proses pemotongan hewan, bakteri ini memproduksi racun dan menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan.

Cara mengatasi bakteri ini dengan mengolah daging yang sempurna.
  • Bakteri clostridium botolinum
Bakteri ini menghasilkan zat racun yang bisa menyerang saraf pusat, menyebabkan gangguan pernafasan, kelumpuhan, hingga kematian.

Cara mengatasinya memanaskan makanan sebelum mengkonsumsinya.
  • Bakteri Clostridium perfringens
Bakteri ini jika tertelan bisa mengakibatkan keracunan makanan.

Cara mengatasinya atau untuk menghindari bakteri ini. Jagalah kebersihan daging dan pastikan memasaknya hingga matang.
  • Bakteri Salmonella
Bakteri yang bisa menyebabkan typhus, gangguan pencernaan, diare, demam enteric, ini biasa hidup pada saluran pencernaan hewan.

Cara mengatasinya harus membunuh bakteri ini dengan memasak daging sampai matang.
  • Bakteri Staphylococcus aureus
Munculny bakteri ini akibat proses pemotongan, penyimpanan dan pengolahan yang salah.

Cara mengatasinya atau untuk menghindarinya pastikan dengan baik proses pemotongan hewan, penyimpanan, dan juga pengolahan.
  • Bakteri Antraks
Penyebab penyakit ini adalah bakteri bacillus antracis yang bisa menular kepada manusia.

Cara mengatasinya atau untuk itu mencegah tertular penyakit ini, pastikan anda memasak daging hingga matang, jaga keberihan dan cuci tangan sebelum makan.

Bakteri-bakteri  berbahaya pada daging ini, agar jangan sampai hinggap di tubuh kita, untuk itu perhatikan cara-cara di atas dari mulai pemotongan, pengolahan, sampai memasaknya, agar daging tersebut steril dari bakteri berbahaya. Sayangi tubuh kita dan untuk menyayangi tubuh kita makanlah makanan yang sehat.

Baca juga : Cara Terbaru Mencuci Daging Atau Ayam Mentah Hindari Bakteri

Semoga artikel ini dengan judul  Awas ! Ada Bakteri Berbahaya Pada Daging Yang Anda makan, dapat bermanfaat dan jadi Info penting untuk di perhatikan.
Advertisement

Masukan Email Anda agar dapat kiriman artikel kesehatan gratis langsung ke Email Anda:

0 Response to "Awas Ada Bakteri Berbahaya Pada Daging Yang Anda Makan"

Post a Comment