Aneh! Makan Bersama, Kerja Semakin Bersemangat

Lingkaranilmu.com - Ternyata doyan makan bersama bukan di indonesia saja, negara-negara lain juga sama doyan makan bersama (emang ada makanan yang namanya “Bersama”) bukan gitu sobat.. maksudnya makan bersama yaitu Makan Bareng ! (emang ada makanan yang namanya “Bareng”) udah lah terserah saja.. apapun istilahnya.

Yang terpenting baru-baru ini, ada penelitian dari orang bule. Makan bersama merupakan sebuah cara yang efektif untuk bersosialisasi dan mengenal lebih dalam tentang orang lain. Tetapi ternyata makan bersama juga memiliki manfaat lain yaitu dapat meningkatkan produktivitas kerja.


makan bersama


Makan Bersama Kerja Semakin Bersemangat


Di kutip dari EurakAlert, sebuah penelitian di Cornell University menemukan bahwa performa dan produktivitas sebuah kelempok menjadi meningkat ketika mereka makan secara bersama-sama dengan pemadam kebakaran yang makan sendiri. Hasilnya makan bersama dapat meningkatkan performa dan produktivitas kelompok tersebut.

Hasil tersebut di dapat setelah penelitian dilakukan selama 15 bulan. Dilakukan survei dan wawancara terhadap lebih lebih dari 50 kantor pemadam kebakaran. Setelah itu peneliti meminta 395 supervisor dari kantor tersebut memberikan penilaian terhadap performa anak buah mereka. Terdapat pertanyaan mengenai  seberapa sering kelompok pemadam tersebut makan bersama dalam satu minggu. Ternyata di dapat bahwa kelompok yang lebih sering makan bersama ternyata memiliki performa yang lebih baik.

Kevin Kniffin selaku peneliti menyebutkan bahwa makan bersama dapat menyebabkan kedekatan pada sebuah kelompok. Di lihat dari perspektif evolusi kebudayaan manusia, makan bersama juga merupakan salah satu hal yang merekatkan banyak orang secara sosial. Ternyata tradisi dan perilaku tersebut juga dapat berlaku pada tempat kerja masa kini.

Kevin Kniffin juga menyatakan bahwa untuk meningkatkan produktivitas tempat kerja, perlu disediakan sebuah kafetaria ataupun makan siang agar hasil pekerjaan lebih optimal. Dengan makan bersama maka sebuah kelompok atau sesama karyawan akan dapat bertukar pendapat serta membicarakan berbagai hal baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun tidak.

Nah tuh.. sobat, setelah di teliti ama orang bule ternyata makan secara berjama’ah banyak berkahnya, ingin tau apa itu berkah ? gini sobat.. yang namanya berkah itu menurut saya bertambah kebaikanya gitu deh..

Jadi mulai sekarang perbanyaklah makan secara berjamaah, tapi bayar sendiri-sendiri ya..

Semoga dengan Makan Bersama Kerja Semakin Bersemangat Selamat menikmati.
Advertisement

Masukan Email Anda agar dapat kiriman artikel kesehatan gratis langsung ke Email Anda:

0 Response to "Aneh! Makan Bersama, Kerja Semakin Bersemangat"

Post a Comment